Sri, Agustina and Atikah, Adyas and Yudhinanto, CN and Noviansyah, Noviansyah and Dian, Utama Pratiwi Putri (2024) Analisis implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) terhadap mutu pelayanan di RS Mesuji Healthcare Center. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 6 (8): 16. pp. 3148-3164. ISSN 2655-2728
2655-2728_6_8_2024-16.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (300kB)
Abstract
Sistem informasi rumah sakit mempunyai potensi untuk meningkatkan hasil kesehatan individu, meningkatkan kinerja penyedia layanan kesehatan, dan meminimalkan biaya. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dipengaruhi oleh empat aspek utama, antara lain manusia, proses, kebijakan, dan infrastruktur. Aspek tersebut salah satunya diwujudkan dengan sistem informasi rumah sakit yang dirancang untuk menjadikan proses bisnis rumah sakit responsif, efisien, dan efektif. Dalam Thesis ini “Analisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Terhadap Mutu Pelayanan RS Mesuji Healthcare Center”.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: In-depth interview, FGD dan Observasi, Berdasarkan informasi yang didapat setelah melakukan wawancara mendalam dengan pasien mengenai Kualitas SIMRS Terhadap Waktu Tunggu Rawat Jalan berjalan dengan baik Waktu tunggu rawat jalan maksimal 60 menit sejauh ini tidak ada lebih dari 60 menit. Karena pelayanan terhadap pasien rawat jalan itu nomor 1. Selama ini penggunaan waktu tunggu dengan simrs pasien tidak ada komplain dari pasien. Untuk kendala pada ruang rawat jalan yang pernah terjadi adalah waktu tunggu dimana staff dengan cepat mempersiapkan dengan cara menginput terlebih dahulu data dengan manual kemudian jika sudah tidak ada lagi gangguan maka dapat dilakukan dengan SIMRS. Jadi, tidak menghambat proses waktu tunggu pada rawat jalan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rumah sakit, Simrs, Waktu tunggu rawat jalan, Mutu, Management information systems, Hospitals, Quality of service, Outpatient |
Subjects: | Health Resources > Health Care Assessment & Quality Assurance Health Resources > Data & Information Systems |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 22 Sep 2024 12:56 |
Last Modified: | 22 Sep 2024 12:56 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48774 |