Alifa, Putri Sasmita Hadi Wijono and Cindya, Alfi and Mohamad, Fatih (2024) Pengembangan pop-up book berbasis augmented reality materi bangun ruang meningkatkan self efficacy siswa kelas v SDN Sumberdiren 01 Kabupaten Blitar. Jurnal Simki Pedagogia, 7 (2): 4. pp. 377-386. ISSN 2807-2790
2807-2790_7_2_2024-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (299kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan peningkatan self-efficacy siswa kelas 5 SD melalui pengembangan materi pembelajaran buku pop-up berbasis augmented reality dan bangun ruang. Metodologi penelitian dan pengembangan (R&D) digunakanpada penelitian ini. Data dikumpulkan menggunakan survei dan wawancara dengan instrumen yang dinilai pakarbahasa, media, dan materi. Penilaian dari pakar bahasa mendapatkan nilai 82,5% berarti"sangat valid", penilaian dari pakar media mendapatkan nilai 100% berarti “sangat valid”, dan uji validitas produk dari pakarmateri mendapatkan nilai 100% berarti “sangat valid”. Dengan skor 97,5% pada skala kemenarikan media, maka tergolong dalam kategori "sangat menarik". Sementara itu, peningkatanSelfEfficacysiswa dinilai "tinggi" denganskor 0,81. Sehingga disimpulkan bahwa media Pop Up Bookberbasis Augmented Realitymampu meningkatkan self Efficacysiswa.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pop-Up Book, Augmented Reality, Self efficacy, Electronic books, Learning materials |
| Subjects: | Computers, Control & Information Theory > Computer Software Library & Information Sciences > Library Collection and Materials Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
| Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
| Date Deposited: | 16 Oct 2024 03:00 |
| Last Modified: | 16 Oct 2024 03:00 |
| URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48587 |


Dimensions
Dimensions