Pengembangan pop-up book berbasis augmented reality materi bangun ruang meningkatkan self efficacy siswa kelas v SDN Sumberdiren 01 Kabupaten Blitar

Alifa, Putri Sasmita Hadi Wijono and Cindya, Alfi and Mohamad, Fatih (2024) Pengembangan pop-up book berbasis augmented reality materi bangun ruang meningkatkan self efficacy siswa kelas v SDN Sumberdiren 01 Kabupaten Blitar. Jurnal Simki Pedagogia, 7 (2): 4. pp. 377-386. ISSN 2807-2790

[thumbnail of 2807-2790_7_2_2024-4.pdf] Text
2807-2790_7_2_2024-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (299kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan peningkatan self-efficacy siswa kelas 5 SD melalui pengembangan materi pembelajaran buku pop-up berbasis augmented reality dan bangun ruang. Metodologi penelitian dan pengembangan (R&D) digunakanpada penelitian ini. Data dikumpulkan menggunakan survei dan wawancara dengan instrumen yang dinilai pakarbahasa, media, dan materi. Penilaian dari pakar bahasa mendapatkan nilai 82,5% berarti"sangat valid", penilaian dari pakar media mendapatkan nilai 100% berarti “sangat valid”, dan uji validitas produk dari pakarmateri mendapatkan nilai 100% berarti “sangat valid”. Dengan skor 97,5% pada skala kemenarikan media, maka tergolong dalam kategori "sangat menarik". Sementara itu, peningkatanSelfEfficacysiswa dinilai "tinggi" denganskor 0,81. Sehingga disimpulkan bahwa media Pop Up Bookberbasis Augmented Realitymampu meningkatkan self Efficacysiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pop-Up Book, Augmented Reality, Self efficacy, Electronic books, Learning materials
Subjects: Computers, Control & Information Theory > Computer Software
Library & Information Sciences > Library Collection and Materials
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Rizki Ismail Hidayat
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:00
Last Modified: 16 Oct 2024 03:00
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48587

Actions (login required)

View Item
View Item