Pembelajaran keterampilan menulis paragraf opini menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin

Andi, Muhammad Ruchul Banont and Bahanuddin, Nur (2024) Pembelajaran keterampilan menulis paragraf opini menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (PEMBAHAS), 3 (4): 7. pp. 499-508. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_3_4_2024-7.pdf] Text
2809-5367_3_4_2024-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (616kB)
Official URL: http://-

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi: 1) proses pembelajaran keterampilan menulis paragraf opini menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin; 2) hasil belajar keterampilan menulis paragraf opini menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 15 Tanrutedong pada awal semester genap 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah 21 siswa kelas 6 SD Negeri 15 Tanrutedong yang mengikuti pembelajaran keterampilan menulis paragraf opini menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin. Sampel berjumlah 20 siswa yang ditarik secara random sederhana. Instrumen penelitian ini adalah pedoman observasi dan tes keterampilan menulis paragraf opini. Pedoman observasi digunakan untuk mengumpulkan data proses pembelajaran keterampilan menulis paragraf opini menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin. Tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar keterampilan menulis paragraf opini menggunakan pendekatan keterampilan proses dan teknik tugas menyalin. Data proses pembelajaran keterampilan menulis paragraf opini menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin dianalisis secara tematik yang terfokus kepada kesesuaian jenis kegiatan belajar-mengajar antara perencanaan dengan pelaksanaan di kelas. Data hasil belajar keterampilan menulis paragraf opini menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin dianalisis menggunakan prosedur statistik. Hasil penelitian: 1) terdapat kesesuaian jenis kegiatan belajar-mengajar antara perencanaan dengan pelaksanaan di kelas; 2) hasil belajar keterampilan menulis paragraf opini menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin berkatgori tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Paragraf Opini, Metode Model, Tugas Menyalin, Learning ability, Teaching materials, Teaching methods
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language
Depositing User: Zahra Wenning Tyas
Date Deposited: 17 Oct 2024 05:38
Last Modified: 22 Oct 2024 18:00
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48451

Actions (login required)

View Item
View Item