Mengapa konsumen membeli produk wirausaha disabilitas?

Nike, Norma Epriliyana and Universitas PGRI Argopuro Jember (2024) Mengapa konsumen membeli produk wirausaha disabilitas? Journal of Special Education (SPEED), 8 (1): 1. pp. 1-9. ISSN 2580-6041

[thumbnail of 2580-6041_8_1_2024-1.pdf] Text
2580-6041_8_1_2024-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (201kB)

Abstract

Femonena wirausaha disabilitas sangat menarik untuk dikaji lebih lanjut. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik sekitar 182 ribu penyandang disabilitas yang memutuskan untuk menjadi wirausaha karena tidak diterima di dunia kerja. Adanya usaha yang digeluti oleh wirausaha disabilitas dapat bertahan karena jenis usahanya memiliki pangsa pasar dan konsumen yang menggunakan produknya. Konsumen memutuskan untuk menggunakan atau memakai produk/ jasa yang dihasilkan wirausaha disabilitas karena produk yang dihasilkan memiliki manfaat. Menjadi sebuah dilema tersendiri, bagi konsumen tatkala dihadapkan pada produk disabilitas, ada beberapa yang mau membeli produk atau jasa wirausaha disabilitas, ada yang memutuskan membeli karena kualitas produknya, kualitas layanan, kualitas hubungan baik, membutuhkan produk. Akan tetapi, tidak sedikit juga yang menyampaikan bahwa keputusan membeli produk wirausaha disabilitas karena rasa kasihan, rasa ingin membantu sesama manusia, dan menjaga agar usaha wirausaha akan tetap mengalir untuk menghidupi keluarga. Penelitian ini akan menguraikan beberapa alasan konsumen memutuskan pembelian produk wirausaha disabilitas. Fokus penelitian yaitu tentang mengeksplorasi alasan konsumen melakukan pembelian produk hasil karya wirausaha disabilitas melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Prosedur analisis dan intepretasi data terdiri dari sorting, kategorisasi, pengarsipan, analisis. Hasilnya pengambilan keputusan membeli produk wirausaha disabilitas dilatarbelakangi oleh alasan (1) produk; (2) Harga; (3) Keinginan; (4) Kasihan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Disabilitas, Kasihan, Consumer behavior, Quality of products, Disabled persons
Subjects: Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Zahra Wenning Tyas
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:55
Last Modified: 21 Oct 2024 05:14
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48255

Actions (login required)

View Item
View Item