Metode pengajaran Nihongo Kiso Renshuu I berdasarkan respon dari peserta mata kuliah Gaikokugo Kyoujuhou

Herlina, Sunarti and Bertha, Nursari and Ni, Luh Suparwati (2022) Metode pengajaran Nihongo Kiso Renshuu I berdasarkan respon dari peserta mata kuliah Gaikokugo Kyoujuhou. In: Prosiding Seminar Hasil Penelitian Volume II 2021/2022, 23 Februari 2021, Jakarta.

[thumbnail of Prosiding_2022_Herlina Sunarti_30-46.pdf]
Preview
Text
Prosiding_2022_Herlina Sunarti_30-46.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (323kB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Gaikokugo Kyoujuhou atau Metode Pengajaran Bahasa Asing merupakan mata kuliah pilihan yang ditawarkan kepada mahasiswa semester 5. Kelanjutan dari mata kuliah ini adalah mata kuliah Praktek Mengajar 1 dan 2. Tugas akhir rangkaian mata kuliah pilihan ini adalah mahasiswa melaksanakan praktek mengajar pada mata kuliah Nihongo Kiso Renshuu 1 atau Tata Bahasa Jepang Dasar dengan menggunakan metode yang telah diajarkan pada mata kuliah Gaikokugo Kyoujuhou. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, hasil kuesioner dijabarkan secara rinci. Untuk mendukung data-data di lapangan dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner atau angket menggunakan googleform, kemudian hasil yang didapat dianalisis dengan metode statistik deskriptif untuk mendeskripsikan data yang terkumpul dari kuesioner ini. Responden berjumlah 17 orang merupakan mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah Gaikokugo Kyoujuhou di semester sebelumnya. Pertanyaan dalam kuesioner terdiri dari 12 pertanyaan dan hasilnya ditunjukkan dengan persentase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dari mahasiswa yang menjadi responden kuesioner mengenai sejauh mana mereka dapat memahami metode-metode pengajaran dan mengaplikasikannya dalam praktikpengajaran mata kuliah Nihongo Kiso Renshuu I. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pilihan metode pengajaran apa yang dianggap paling efektif oleh responden untuk mengajar mata kuliah Nihongo Kiso Renshuu I. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada tiga metode yang paling banyak dipilih oleh respoden untuk mengajarkan Nihongo Kiso Renshuu I yaitu Grammar Translation Method, Audio Lingual dan CLL(Communicative Language Learning).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Gaikokugo Kyoujuhou, Nihongo Kiso Renshuu, Grammar Translation Method, Audio Lingual dan CLL (Communicative Language Learning)
Subjects: Communication > Policies, Regulations, & Studies
Urban & Regional Technology & Development > Communications
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 19 Feb 2025 01:14
Last Modified: 19 Feb 2025 01:14
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48046

Actions (login required)

View Item
View Item