Hubungan teman sebaya dan paparan media sosial dengan perilaku fast food pada siswa

Fanny, Arya Rahmasari and Zata, Ismah and Dewi, Agustina (2024) Hubungan teman sebaya dan paparan media sosial dengan perilaku fast food pada siswa. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4 (8): 2. pp. 3093-3104. ISSN 2746-198X

[thumbnail of 2746-198X_4_8_2024-2.pdf] Text
2746-198X_4_8_2024-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (314kB)

Abstract

Perilaku fast food pada remaja dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pengaruh media sosial dan teman sebaya. Teman sebaya dan media sosial dapat mempengaruhi kebiasaan makan seseorang karena mereka dapat memperkenalkan atau mempromosikan makanan cepat saji secara langsung dan tidak langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara interaksi dengan teman sebaya, paparan media sosial, dan perilaku fast food pada siswa MAN 1 Langkat,dikarenakan fast food telah menjadi bagian penting dari pola makan diberbagai kalangan,terutama dilakangan remaja.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 59 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner oleh responden. Analisis data dilakukan dengan uji Chi-Square. Ada hubungan signifikan antara teman sebaya dan paparan sosial media dengan prilaku fast food pada siswa-siswi MAN 1 Langkat. Disarankan untuk menyediakan edukasi tentang pentingnya pola makan sehat, mengajak siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan fisik, dan memberikan dukungan sosial yang positif untuk membantu mereka mengurangi perilaku konsumsi fast food. Dalam penelitian ini didapatkan karateristik responden terbanyak berdasarkan umur terdiri atas 44 responden dengan umur 16 tahun dengan persentase sebesar (74.6%). Karateristik responden terbanyak berdasarkan jenis kelamin terdiri atas 31 responden dengan kategori perempuan dengan persentase sebesar (52.5%). Karateristik responden terbanyak berdasarkan uang jajan 1 bulan terdiri atas 57 responden dengan kategori Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000 dengan persentase sebesar (96.6%).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teman sebaya, Media sosial, Fast food, Remaja, Social Media, Convenience foods, Teenagers
Subjects: Medicine & Biology > Nutrition
Social and Political Sciences > Psychology
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:33
Last Modified: 05 Sep 2024 07:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/47620

Actions (login required)

View Item
View Item