Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien BPJS pada pelayanan persalinan di Puskesmas Kecamatan Pulogadung

Lina, Listiani and Fevatridiyawati, Fevatridiyawati (2024) Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien BPJS pada pelayanan persalinan di Puskesmas Kecamatan Pulogadung. Manuju : Malahayati Nursing Journal, 6 (5): 11. pp. 1867-1884. ISSN 2655-2728

[thumbnail of 2655-2728 _6_5_2024-11.pdf]
Preview
Text
2655-2728 _6_5_2024-11.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (285kB) | Preview

Abstract

Kepuasan dari pelanggan merupakan suatu adalah indikator utama pada standar fasilitas guna digunakan sebagai ukuran akan kualitas pelayanan dan mutu pelayanan guna dapat memberikan kepuasan pada pasien dan pelanggan. Apabila layanan yang rendah maka akan berdampak pada kunjungan pelanggan serta dapat berpengaruh pada protabilitas fasilitas kesehatan yang ada. Namun, Hasil wawancara dengan 10 pasien pengguna BPJS didapatkan bahwa 4 (40%) orang tersebut mengatakan dirinya merasa puas. Sedangkan pada pasien dengan jumlah 6 (60%) orang tersebut mengeluhkan kurang puas dengan adanya peraturan yang ditetapkan. Untuk mengetahui Kualitas Pelayanan pasien BPJS pada pelayanan persalinan di puskesmas kecamatan pulogadung tahun 2023. Jenis pada penelitian adalah penelitian kuantitatif desain penelitian korelasi dengan metode pendekatan cross sectional survey. Penelitian dilakukan bulan maret sampai dengan mei di Puskesmas Batujaya Karawang tahun 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap pengguna BPJS Kesehatan di PONED (Pelayanan Obstetri dan Neonatal Emergensi Dasar) pada bulan maret-mei 2023 sebanyak 30 responden. Pengambilan sampel teknik metode total sampling. Adapun data dianalisis menggunakan Analisis univariat distribusi dan analisis bivariat uji chi square. Hasil penelitian univariat dari 30 responden, secara keseluruhan pasien menilai tidak memuaskan sebanyak 19 responden (63,3%), sedangkan pada aspek tangible mayoritas tidak memuaskan sebanyak 19 responden (63,3%), pada aspek reliability mayoritas tidak memuaskan sebanyak 18 responden (60,0%), pada aspek responsiveness mayoritas tidak memuaskan sebanyak 20 responden (66,7%), pada aspek assurance mayoritas tidak memuaskan sebanyak 17 responden (56,7%), pada aspek empathy mayoritas tidak memuaskan sebanyak 18 responden (60,0%). Hasil penelitian bivariat menunjukkan hubungan usia (p = 0,009), Pendidikan (p= 0,015), pekerjaan (p = 0,007), paritas (p = 0,023), status anggota (p = 0,002), dan lama jadi anggota (p = 0,259) dengan tingkat kepuasan pasien BPJS yang mendapatkan pelayanan persalinan di Puskesmas Kecamatan Pulogadung Jakarta. Ada hubungan usia, Pendidikan, pekerjaan, paritas, status BPJS, dengan tingkat kepuasan pasien yang menerima layanan persalinan. Tidak ada hubungan lama jadi anggota dengan tingkat kepuasan pasien yang menerima layanan persalinan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, BPJS, Pelayanan persalinan, Patient satisfaction, Quality of services, Health Insurance, Delivery services
Subjects: Health Resources > Health Care Assessment & Quality Assurance
Health Resources > Health Services
Health Resources > Health Care Utilization
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 07 Sep 2024 12:45
Last Modified: 07 Sep 2024 12:45
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/42353

Actions (login required)

View Item
View Item