Dukungan keluarga terhadap kualitas hidup pasien kanker payudara

Inggrid, Margareth and Pesta, Kristina Siburian and Yenni, Ferawati Sitanggang (2024) Dukungan keluarga terhadap kualitas hidup pasien kanker payudara. MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 4 (5): 21. pp. 1893-1902. ISSN 2746-198X

[thumbnail of 2746-198X_4_5_2024-21.pdf]
Preview
Text
2746-198X_4_5_2024-21.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (213kB) | Preview

Abstract

Kanker adalah suatu kondisi yang dapat memengaruhi hampir semua organ dan jaringan dalam tubuh manusia. Kanker adalah hasil dari pertumbuhan sel yang tidak terkendali yang menyusup ke jaringan di dekatnya dan berpotensi untuk bermetastasis ke berbagai organ. Pasien kanker sering mengalami gejala-gejala yang mencakup dimensi fisik, sosial, psikologis, dan spiritual. Gejala-gejala ini dapat mempengaruhi kualitas hidup pasien, sehingga membutuhkan bantuan dari keluarga bagi penderita kanker. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien kanker payudara di sebuah rumah sakit swasta di Indonesia bagian Barat. Penelitian ini menggunakan uji Chi-square untuk melakukan analisis kuantitatif cross-sectional dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan kuesioner dukungan keluarga untuk mengevaluasi dukungan keluarga dan European Organization for Research and Treatment of Cancer (EORTC QLQ C-30) untuk mengukur kualitas hidup. Sebanyak 40 pasien kanker payudara direkrut untuk penelitian ini di sebuah rumah sakit swasta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan emosional (p value 0.011) dan dukungan informasi (p value 0.009) berpengaruh positif terhadap kualitas hidup, tetapi dukungan instrumental dan penghargaan tidak berdampak pada kualitas hidup (p value 0.201 dan 0.157). Dukungan keluarga sangat penting bagi pasien kanker. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup pasien kanker. Perawat harus membantu memenuhi kebutuhan dukungan keluarga pasien.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kanker payudara, Dukungan keluarga, Kualitas hidup, Breast neoplasms, Quality of life, Support (domestic relations)
Subjects: Health Resources > Health Care Technology
Health Resources > Health Services
Health Resources > Health Education & Manpower Training
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 10 Sep 2024 06:11
Last Modified: 10 Sep 2024 06:11
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/41492

Actions (login required)

View Item
View Item