Andini, Mentari Tarigan and Dyna, Safitri Rakhelmi Rangkuti and Rima, Melinda Sembiring and Fadilla, Rahmadanisya (2024) Faktor yang memengaruhi keterlambatan klaim asuransi pada pelayanan rawat jalan di RSUD Rantau Prapat. MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 4 (5): 17. pp. 1840-1852. ISSN 2746-198X
2746-198X_4_5_2024-17.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (236kB) | Preview
Abstract
Klaim rumah sakit terhadap asuransi kesehatan adalah tuntutan imbalan atas jasa yang diberikan rumah sakit melalui tenaga kerjanya baik dokter, perawat apoteker, dan lainnya atas pelayanan yang diberikan kepada peserta asuransi kesehatan yang berobat atau dirawat di rumah sakit. Hasil observasi penulis, proses penagihan klaim asuransi terlambat bila pembuatan resume medis tidak lengkap. Dari unit keuangan RSUD Rantau Prapat, memberikan batas waktu untuk menyelesaian resume medis yaitu selama 6 hari. Terkadang selesainya resume medis melewati batas waktu yang ditentukan oleh unit keuangan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui faktor yang memengaruhi keterlambatan klaim asuransi pada pelayanan rawat jalan di RSUD Rantau Prapat Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain survei analitik menggunakan pendekatan crossectional. Populasi penelitian ini seluruh petugas klaim asuransi sebanyak 20 orang dengan sampel 20 orang yang diambil menggunakan teknik total sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan statistik uji chi-square Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber daya manusia memiliki nilai p = 0,000 < α = 0,05, kelengkapan berkas memiliki nilai p = 0,005 < α = 0,05 dan sarana prasarana memiliki nilai p = 0,005 < α = 0,05. Artinya sumber daya manusia, kelengkapan berkas dan sarana prasarana memiliki pengaruh terhadap keterlambatan klaim asuransi pada pelayanan rawat jalan. Kesimpulan penelitian ada pengaruh sumber daya manusia, kelengkapan berkas dan sarana prasarana terhadap keterlambatan klaim asuransi pada pelayanan rawat jalan. Disarankan pihak rumah sakit rumah sakit untuk menambah jumlah sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan dan meningkatkan penyediaan sarana prasarana dalam mencegah keterlambatan klaim asuransi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterlambatan, Klaim asuransi, Rawat jalan, Health insurance, Claims, Outpatient |
Subjects: | Health Resources > Health Care Assessment & Quality Assurance Health Resources > Health Care Utilization |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 29 Sep 2024 14:07 |
Last Modified: | 29 Sep 2024 14:07 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/41423 |