Study loyalitas pasien dengan kepuasan pasien sebagai variabel intervening pada layanan rawat jalan di Rumah Sakit Paru Jember

Ni, Nyoman Putu Martini and Ainur, Rochmah and Arik, Susbiyan (2023) Study loyalitas pasien dengan kepuasan pasien sebagai variabel intervening pada layanan rawat jalan di Rumah Sakit Paru Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9 (2): 6. pp. 253-267. ISSN 2460-9471

[thumbnail of 2460-9471_9_2_2023-6.pdf]
Preview
Text
2460-9471_9_2_2023-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (278kB) | Preview

Abstract

Pelayanan menjadi hal yang sangat perlu untuk dibahas karena pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa kesehatan secara langsung dirasakan oleh pasien sehingga bila terdapat sedikit kelalaian dalam menangani pasien dapat berdampak buruk bagi pasien dan bagi penyedia jasa kesehatan itu sendiri. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Rumah Sakit Paru Jember. Jumlah sampel pasien Rumah Sakit Paru Jember yang diambil sebanyak 339 orang pasien. Penelitian ini dapat dikatakan menggunakan metode random sampling. Analisis data dan permodelan persamaan struktural dengan menggunakan software Smart PLS 4.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap loyalitas pasien dengan kepuasan pasien sebagai variabel intervening pada layanan rawat jalan di Rumah Sakit Paru Jember memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil uji menunjukkan citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Paru Jember. Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Paru Jember. Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien Rumah Sakit Paru Jember. Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas Pasien Rumah Sakit Paru Jember. Kepuasan Pasien berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas Pasien Rumah Sakit Paru Jember. Kualitas Layanan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pasien Rumah Sakit Paru Jember melalui Kepuasan Pasien. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas Pasien pada pasien Rumah Sakit Paru Jember melalui kepuasan Pasien.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Loyalitas Pasien, Kepuasan Pasien, Citra Merek, Public health care, Health services, Hospital patients
Subjects: Health Resources > Health Care Assessment & Quality Assurance
Health Resources > Health Services
Medicine & Biology > Clinical Medicine
Depositing User: Alluya Shafira
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:29
Last Modified: 08 Aug 2024 07:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/41376

Actions (login required)

View Item
View Item