Peran kualitas layanan dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah

Syafrudin, Umasugi and Budiandriani, Budiandriani and Serlin, Serang (2023) Peran kualitas layanan dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9 (2): 3. pp. 215-227. ISSN 2460-9471

[thumbnail of 2460-9471_9_2_2023-3.pdf]
Preview
Text
2460-9471_9_2_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (477kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana kualitas layanan mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan di PT. Bank Sulselbar, Cabang Parepare, dengan ukuran sampel sebanyak 150 pelanggan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, yang mencakup bukti fisik, keandalan, responsivitas, jaminan, dan empati, berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa keandalan, responsivitas, dan bukti fisik memainkan peran penting dalam membentuk kepuasan dan loyalitas pelanggan. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan berdampak langsung pada loyalitas pelanggan di PT. Bank Sulselbar, Cabang Parepare. Untuk meningkatkan keandalan perusahaan, disarankan untuk menetapkan waktu respons yang dijamin untuk menangani masalah pelanggan. Selain itu, perusahaan juga disarankan untuk memberikan pelayanan pelanggan yang luar biasa dan bantuan yang dipersonalisasi berdasarkan kebutuhan individual pelanggan. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menekankan pentingnya menjaga kualitas layanan yang tinggi untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Dengan mengutamakan keandalan dan menyediakan dukungan yang disesuaikan, PT. Bank Sulselbar dapat lebih menguatkan hubungannya dengan pelanggan dan meningkatkan kinerja keseluruhan perusahaannya

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas layanan, Kepuasan pelanggan, Loyalitas pelanggan, Bank, Customer loyalty, Customer services, Client satisfaction
Subjects: Economics and Business > Consumer Affairs
Economics and Business > Banking & Finance
Depositing User: Alluya Shafira
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:54
Last Modified: 08 Aug 2024 06:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/41373

Actions (login required)

View Item
View Item