Junita Maratur, Silitonga and Alfanira, Alfanira and Ening, Wahyuni (2024) Hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap pengguna BPJS di Rumah Sakit Hermina Jatinegara. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4 (4): 26. pp. 1495-1506. ISSN 2746-198X
2746-198X_4_4_2024-26.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (236kB) | Preview
Abstract
Pelayanan kesehatan yang baik diperlukan karena kesehatan adalah hak asasi manusia dan merupakan investasi yang harus dimiliki oleh semua warga negara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap pengguna BPJS Di Rumah Sakit Hermina Jatinegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif analitik, menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap BPJS yang di Rumah Sakit Hermina Jatinegara mulai bulan November 2022 sampai dengan April 2023 yang berjumlah 4938 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga jumlah sampel penelitian yang didapat adalah 100 responden. Hasil uji statistik didapatkan nilai P value = 0,000 (α < 0,05) maka dapat disimpulkan ada hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap pengguna BPJS Di Rumah Sakit Hermina Jatinegara. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan pasien (kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan bukti fisik) di Rumah Sakit Hermina Jatinegara masuk dalam kategori baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pelayanan, Kepuasan, BPJS, SERVQUAL, Satisfaction, Health insurance |
Subjects: | Health Resources > Health Care Assessment & Quality Assurance Health Resources > Health Services |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 05:39 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 05:39 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/39520 |