Dianing, Ayu Yustika Ratu and Fitra, Editama and Samino, Samino and Fitri, Ekasari (2024) Analisis minat kunjungan ulang melalui kepuasan pasien sebagai variabel intervening pada pasien rawat jalan di RSUD Jend. Ahmad Yani Metro. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4 (4): 5. pp. 1247-1266. ISSN 2746-198X
2746-198X_4_4_2024-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (412kB) | Preview
Abstract
Minat kunjungan ulang merupakan kesediaan pelanggan untuk berkunjung kembali karena pelayanan yang diberikan memuaskan. Salah satu faktor yang mempengaruhi minat kunjungan ulang yaitu kepuasan pelanggan. Dimensi mutu layanan kesehatan yang berhubungan dengan kepuasan pasien dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat yaitu terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Jumlah kunjungan ulang pasien rawat jalan pada bulan Januari-Juni 2023 sebanyak 15.743 pasien. Bulan Januari-Juni 2022 berjumlah 25.439 pasien. Total jumlah penurunan kunjungan ulang pasien rawat jalan di RSUD Jend. A. Yani Metro sebanyak 9.696 pasien. Menganalisis minat kunjungan ulang melalui kepuasan pasien sebagai variabel intervening pada pasien rawat jalan di RSUD Jend. Ahmad Yani Metro. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel penelitian ini yaitu 110 responden yang datang ke poliklinik rawat jalan di RSUD Jend. Ahmad Yani Metro selama bulan September 2023 dengan metode purposive sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu kuesioner. Analisa data menggunakan Software smartPLS SEM (Partial Least Square – Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung dari kehandalan (Path Coefficient 0.721 t statistik 5.673) dan kepuasan pasien (Path Coefficient 0.790 t statistik 1.344) terhadap minat kunjungan ulang. Tidak ada pengaruh langsung dari daya tanggap (Path Coefficient 0.102 t statistik 0.715) terhadap minat kunjungan ulang. Terdapat pengaruh tidak langsung daya tanggap (1.0691) dengan minat kunjungan ulang. Tidak ada pengaruh tidak langsung dari keandalan (-0.0931) dengan minat kunjungan ulang. Terdapat pengaruh langsung jaminan (Path Coefficient 0.237 t statistik 2.847), empati (Path Coefficient 0.461 t statistik 5.367), bukti fisik (Path Coefficient 0.106 t statistik 1.409) terhadap kepuasan pasien. Tidak terdapat pengaruh langsung jaminan (Path Coefficient -0.038 t statistik 0.229), empati (Path Coefficient 0.113 t statistik 0.714), bukti fisik (Path Coefficient 0.119 t statistik 0.875) terhadap minat kunjungan ulang. Terdapat pengaruh langsung kepuasan pasien (Path Coefficient 0.198 t statistik 1.344) terhadap minat kunjungan ulang. Terdapat pengaruh tidak langsung jaminan (1.2182), empati (1.3063), bukti fisik (0.9750) dengan kepuasan pasien. Ada pengaruh langsung kehandalan dan kepuasan pasien terhadap minat kunjungan ulang. Tidak ada pengaruh langsung daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik terhadap minat kunjungan ulang. Ada pengaruh langsung kepuasan pasien terhadap minat kunjungan ulang. Ada pengaruh tidak langsung daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik terhadap minat kunjungan ulang melalui kepuasan pasien. Tidak ada pengaruh tidak langsung kehandalan terhadap minat kunjungan ulang melalui kepuasan pasien.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat kunjungan ulang, Kepuasan pasien, Dimensions of quality, Patient satisfaction, Interest in repeat visits, Hospital outpatient clinics |
Subjects: | Health Resources > Health Services Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 04:34 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 04:34 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/39391 |