Isnaeni, Hartanti and Purwanto, Purwanto and Laili, Syarifah (2024) Penggunaan media pembelajaran tangga pintar untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas 2 SDN Sutopati 4. Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6 (1): 80. pp. 733-739. ISSN 2716-0211
2716-0211_6_1_2024-80.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (800kB) | Preview
Abstract
Pengabdian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas 2 SDN Sutopati 4 menggunakan media pembelajaran tangga pintar. Pendekatan yang digunakan dalam pengabdian ini adalah PAR (Parcipation Action Research). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam pengabdian ini adalah siswa kelas 2 dengan rincian 10 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Pembelajaran yang dilaksanakan belum sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Hal ini dilihat dari beberapa faktor seperti, siswa tidak fokus saat pembelajaran di kelas, kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, model pembelajaran masih monoton. Dikarenakan objek pengabdian kali ini pada lembaga pendidikan, maka praktek belajar dilaksanakan di kelas ketika pembelajaran sedang berlangsung. Tepatnya pada saat jam pelajaran matematika yaitu hari senin dan rabu sesuai jadwal dari wali kelas. Secara praktis pengabdian yang dilakukan dapat membantu meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas 2 SDN Sutopati 4 yang dibuktikan dengan skor nilai tes yang semula 25 menjadi 50.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Tangga pintar, Matematika, Mathematics education, Teaching materials, Learning media, Smart stairs |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 03:03 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 03:03 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/38991 |