Pelatihan pemanfaatan fakta matematika pada pembuatan batik di sekolah dasar untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka

Yuli, Bangun Nursanti and Imam, Sujadi and Arum, Nur Wulandari and Riki, Andriatna and Ira, Kurniawati (2024) Pelatihan pemanfaatan fakta matematika pada pembuatan batik di sekolah dasar untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka. Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6 (1): 26. pp. 224-233. ISSN 2716-0211

[thumbnail of 2716-0211_6_1_2024-26.pdf]
Preview
Text
2716-0211_6_1_2024-26.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (819kB) | Preview

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka menerapkan adanya pembelajaran diferensiasi, yaitu pembelajaran yang memberikan keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi diri sesuai dengan kesiapan belajar maupun bakat minatnya. Para guru dituntut mau dan mampu mengenali potensi atau kemampuan setiap siswa. Selain itu Kurikulum Merdeka juga bertujuan untuk mewujudkan insan yang memiliki karakter Profil Pelajar Pancasila. Penguatan Profil Pelajar Pancasila difokuskan dalam rangka penguatan karakter yang tumbuh dan bisa dibangun serta diintegrasikan dengan mata pelajaran. Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit bagi kebanyakan siswa sehingga banyak yang tidak tertarik untuk mempelajari. Tim Pengabdian Research Group Dikdasmen Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNS melaksanakan pengabdian untuk memanfaatkan fakta matematika pada pembuatan batik di sekolah dasar Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Tujuan dari pemanfaatan ini agar guru dapat merancang pembelajaran matematika yang tidak hanya fokus pada konsep matematika namun juga memuat nilai etnomatika dengan memperkenalkan budaya lokal salah satunya Batik Wonogiren dari Wonogiri kepada siswa SD sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan skema PKM-UNS ini berupa pendampingan kepada guru kelas dan siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Jatisrono, dengan pilot project di SD Negeri Pelem Jatisrono. Pendampingan ini melibatkan 35 guru kelas. Kegiatan pelatihan meliputi sosialisasi implementasi kurikulum merdeka secara mandiri, pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran berupa Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Pembelajaran, mengimplementasikan rancangan perangkat pembelajaran di sekolah pilot project, serta Gelar Karya dan FGD dalam rangka desiminasi hasil pendampingan kepada seluruh guru Sekolah Dasar di Kecamatan Jatisrono.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Fakta matematika, Kurikulum merdeka, Penguatan profil pelajar Pancasila, Curriculum, Mathematics education, Batik, Primary education
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 02 Dec 2024 07:56
Last Modified: 02 Dec 2024 07:56
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/38670

Actions (login required)

View Item
View Item