Pelatihan pengembangan modul ajar dengan pembelajaran berbasis proyek dan STEAM-H di Sekolah Adiwiyata MIS Handapherang

Ai, Tusi Fatimah and Bahana, Aditya Adnan and Feri, Bakhtiar Rinaldi (2024) Pelatihan pengembangan modul ajar dengan pembelajaran berbasis proyek dan STEAM-H di Sekolah Adiwiyata MIS Handapherang. Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6 (1): 13. pp. 107-116. ISSN 2716-0211

[thumbnail of 2716-0211_6_1_2024-13.pdf]
Preview
Text
2716-0211_6_1_2024-13.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekolah Adiwiyata memiliki peluang yang baik untuk melaksanakan pembelajaran berbasis proyek dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Perencanaan pembelajaran dengan pembuatan modul ajar kurikulum Merdeka merupakan langkah awal untuk mengimplementasikannya. Pelatihan pengembangan modul ajar pada pembelajaran berbasis proyek dengan STEAM-H (science, technology, engineering, agriculture, mathematics, and health) di MIS Handapherang merupakan kegiatan awal untuk mendukung implementasi pembelajaran berbasis proyek dengan integrasi lintas mata pelajaran. Alat dan bahan yang digunakan dalam pelatihan terutama alat dan bahan menanam sayuran sebagai sumber belajar bagi peserta didik. Metode pelatihan adalah ceramah, diskusi, dan demonstrasi. Ceramah dan diskusi dilakukan dalam penyampaian materi tentang rencana pembelajaran pada kurikulum merdeka berdasarkan regulasi pendididikan, langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek, dan pendekatan pembelajaran STEAM-H. Demonstrasi dilakuakn untuk memperkenalkan teknik membuat koneksi capaian pembelajaran dengan proyek menanam sayuran untuk mendukung PRLH. Diskusi grup dibagi sesuai dengan capaian pembelajaran setiap fase capaian pembelajaranyang terdiri dari A, B, dan C. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pengetahuan guru meningkat dengan persentase kategori peningkatan 43% tinggi, 48% sedang, dan 9% rendah.. Modul ajar mengintegrasikan mata pelajaran matematika dan IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) dengan proyek menanam sayuran yang melibatkan lima disiplin ilmu yaitu sains tentang pertumbuhan tanaman, teknologi dan teknik tentang sistem hidroponik, pertanian tentang teknik menanam, matematika tentang perhitungan alat, bahan, dan proses menanam, serta Kesehatan tentang asupan sayuran sebagai makanan sehat. Hasil pengembangan modul ajar mendukung penerapan PRLH (Perilaku Ramah Lingkungan Hidup) di sekolah Adiwiyata.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Adiwiyata, Modul ajar, Pembelajaran berbasis proyek, STEAM-H, Teaching materials, Learning methods, Curriculum
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 28 Oct 2024 06:00
Last Modified: 28 Oct 2024 06:00
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/38600

Actions (login required)

View Item
View Item