Nadia, Syahfitri and Rora, Rizky Wandini (2023) Penerapan teori polya dalam menyelesaikan masalah matematika di SD/MI. Konstanta: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1 (1): 3. pp. 54-60. ISSN 2987-5374
2987-5374_1_1_2023-3 (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang mampu memberikan wawasan pada siswa untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis ataupun cara memecahkan suatu masalah matematis. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Ini menandakan bahwa pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting diasah dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan studi literatur atau tinjauan pustaka. Sumber kajian adalah berupa buku referensi, jurnal ilmiah yang dipublikasikan, dan referensi pada website yang diakses melalui internet. Referensi teori yang diperoleh dengan jalan penelitian studi literatur akandijadikan sebagai fondasi dasar dan alat utama bagi praktek selanjutnya yang ditindaklanjuti dengan sebuah penelitian lapangan. Teori Polya adalah sebuah pendekatan sistematis dalam pemecahan masalah matematika yang terdiri dari empat langkah utama, yaitu memahami masalah, merencanakan solusi, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Teori ini telah diterapkan dalam berbagai konteks pembelajaran matematika, seperti pada analisis kesulitan pemecahan masalah matematika pada berbagai materi dan tingkat kesulitan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matematika, Pengetahuan, Teori polya, Elementary schools, Primary schools, Mathematics education |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Raysa Royyan |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 03:52 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 03:52 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/38080 |