Strategi pemasaran, kepuasan konsumen dan kinerja bisnis di Kartika Jaya Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Studi deskriptif kualitatif strategi pemasaran dan rencana pengembangan di Kartika Jaya Kabupaten Kendal, Jawa Tengah)

Henry, Yuliamir and Enik, Rahayu (2021) Strategi pemasaran, kepuasan konsumen dan kinerja bisnis di Kartika Jaya Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Studi deskriptif kualitatif strategi pemasaran dan rencana pengembangan di Kartika Jaya Kabupaten Kendal, Jawa Tengah). Jurnal Pengabdian Masyarakat Waradin, 1 (1): 5. pp. 48-62. ISSN 2774-3349

[thumbnail of 2774-3349_1_1_2021-5.pdf]
Preview
Text
2774-3349_1_1_2021-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Desa Kartikajaya merupakan bagian wilayah desa Wonosari, sebelum menjadi desa sendiri dengan sebutan Bleder. Pada waktu itu masih berupa hutan dan rawa-rawa dan sering digunakan untuk latihan perang TNI, khususnya Prajurit Angkatan Kodim VII (sekarang Kodam IV Dipenogero). Desa Kartikajaya mengandung arti desa adalah Resetement (Prokiamad) yang dihuni para Purnawirawan TNI AD merupakan salah satu usaha . Berjarak kurang lebih 9 km dari Kota kendal, dan kurang lebih 10 km dari Kota Patebon. Transportasi yang dapat digunakan adalah angkudes no. 3 dan dokar pada siang hari, dan ojek pada malam hari. Ketika pertama terbentuk desa ini merupakan tempat transmigrasi lokal untuk veteran perang kemerdekaan, sehingga hampir sebagian penduduknya adalah pensiunan tentara. Sekarang seiring perkembangan wilayah, penduduk Desa Kartika Jaya mulai heterogen dalam sisi mata pencaharian mulai dari petani, nelayan, buruh pabrik, hingga pegawai swasta dan PNS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang di gunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan warga kartika jaya dan konsumen dan hasil dari kinerja dianalisa untuk mendapatkah rencana tindakan perbaikan (Corrective action plan). Secara Umum penelitian ini menyimpulkan bahwa kartika jaya melayani segmen pasar anak muda dan usia produktif yang modern dan rencana pengembangan yang berfokus pada konsumen (Customer oriented) dan suara konsumen yang menyatakan sangat puas dan puas terhadap kinerja bisnis pemasaran yang dihasilkan oleh wisata kartika jaya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, Kepuasan konsumen, Kinerja bisnis, Marketing strategy, Market segmentation, Development planning, Business
Subjects: Administration & Management > Productivity
Economics and Business
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Raysa Royyan
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:29
Last Modified: 08 Aug 2024 07:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/37975

Actions (login required)

View Item
View Item