Tiara, Yuliarsih and Yhasinta, Agustyarini (2023) Penerapan program literasi numerasi pada pemecahan masalah matematika kelas V studi kasus di MIN 2 Mojokerto. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 3 (2): 5. pp. 145-156. ISSN 2807-1034
2807-1034_3_2_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (471kB) | Preview
Abstract
Literasi numerasi dapat membantu meningkatkan kemampuan berhitung dengan contoh permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian dapat diketahui bahwa keberadaan pengetahuan analitik mempunyai arti penting dalam pembelajaran matematika guna menalar dan membantu siswa memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan penghambat penerapan program literasi digital untuk menyelesaikan permasalahan siswa kelas 5 studi kasus MIN. 2 Mojokerto. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam pengumpulan data, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan pencatatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program literasi digit ini sudah terlaksana dengan baik, yang dapat membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas 5 melalui 3 langkah yaitu tahap pembiasaan dengan kegiatan. Bacalah dengan lantang 15 menit sebelum belajar. Tahap awal, tahap pengembangan kegiatan literasi, dimana siswa mempunyai kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok untuk mengembangkan keterampilan siswa, dan tahap di mana guru belajar menggunakan konsep dan strategi yang menarik sehingga siswa dapat menyelesaikan materi yang diajarkan melalui pengetahuan aritmatik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi, Numerasi, Pemecahan masalah matematika, Literacy programs, Elementary school education, Mathematical ability |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Language > Linguistics |
Depositing User: | Sri Yuniarti |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 03:14 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 03:14 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/37910 |