Tri, Mutiara and Safrizal, Safrizal and Yulnetri, Yulnetri (2023) Faktor penyebab rendahnya motivasi belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 12 Andaleh Baruh Bukit. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 3 (2): 1. pp. 96-105. ISSN 2807-1034
2807-1034_3_2_2023-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (390kB) | Preview
Abstract
Rendahnya motivasi belajar Matematika siswa menjadi permasalahan yang harus diselesaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab rendahnya motivasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 12 Andaleh Baruh Bukit. Peneliti menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Informan penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri, dalam pelaksanaan dibantu oleh pedoman wawancara, observasi, dan alat perekam. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model miles and huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas IV adalah, 1) kemampuan siswa dalam menghafal perkalian dan kebanyakan siswa yang lupa perkalian sebanyak 10 orang siswa; dan 2) guru sebagai pendidik menggunakan teknik khusus untuk membangkitkan semangat belajar. Upaya yang dilakukan guru kelas IV untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan menggunakan teknik jari tangan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Matematika, Siswa kelas IV, Teaching methods, Student performance, Student behavior |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Sri Yuniarti |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 08:16 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 08:16 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/37868 |