Arini, Pramudita and Suharyati, Suharyati (2024) Pengaruh country of origin, social media marketing dan E-WOM terhadap keputusan pembelian produk somethinc di Jakarta Selatan. Journal of Young Entrepreneurs, 3 (1): 1. pp. 1-18. ISSN 2964-8521
2964-8521_3_1_2024-1.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh yang diberikan oleh country of origin (COO), social media marketing (SMM), dan electronic word of mouth (EWOM) terhadap keputusan pembelian produk Somethinc. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan data primer yang dihasilkan dari jawaban responden melalui kuesioner dengan menggunakan Google Form dan telah disebarkan melalui Line, WhatsApp, Instagram dan Telegram. Populasinya adalah para masyarakat yang pernah membeli produk Somethinc, berdomisili di Jakarta Selatan, dan mengetahui salah satu social media milik Somethinc. Samoek yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan non- probability sampling dan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode SEM dengan SmartPLS 4.0 sebagai alat ujinya. Pada penelitian ini, diperoleh hasil bahwa variabel country of origin (COO) dan electronic word of mouth (EWOM) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel social media marketing (SMM) tidak memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Presepsi negara asal, Pemasaran media sosial, EWOM, Keputusan pembelian, Social media, Marketing techniques, Make-or-buy decision, Country of origin |
Subjects: | Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 06:59 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 06:59 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/37031 |