Nofrizal, Nofrizal and Nofrizal, Nofrizal and Muhammad, Farhan (2024) Analisis pemodelan prilaku stabilitas lereng dengan menggunakan aplikasi geoslope. Jurnal Teknologi dan Vokasi, 2 (1): 6. pp. 47-55. ISSN 2985-8690
2985-8690_2_1_2024-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (500kB) | Preview
Abstract
Sitinjau Laut merupakan kawasan batuan bukit barisan yang didominasi oleh pelapukan batuan vulkanik berupa tanah liat, lempung pasir dengan batuan berukuran kerikil sampai bongkahan besar tanah liat dan lempung pasiran itu bersifat sangat plastis, jika terkena air sehingga pada tebing akan mudah memicu gerakan tanah (Ade Edwar, 2022). Pada tahun 2019 sering terjadi bencana alam longsor di ruas jalan Sitinjau Laut km 23, longsor terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan struktur tebing yang curam dan menyebabkan jalan tidak bisa dilalui (DIBI, 2019). Jalan Sitinjau Laut merupakan sarana transportasi yang penting di Kota Padang, dampak dari longsor yang terjadi di ruas jalan Sitinjau Laut mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas di jalan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui nilai angka keamanan (Factor of Safety) dari lereng lokasi penelitian dengan menggunakan program Geo - Slope/W 2012. Dari hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa nilai Factor of Safety (FoS) dari lereng dengan simulasi menggunakan software Geoslope/W 2012 yaitu sebesar 0,581. Dari hasil yang diperoleh dapat dikatakan bahwa lereng daerah penelitian tidak aman karena nilai Factor of Safety (FoS) kurang dari 1. Simulasi menggunakan beberapa variasi sudut 30 ̊, 45 ̊ ,60 ̊ dan 90 ̊ didapatkan nilai minimum dan maksimum Factor of Safety (FoS) kurang dari 1. Dengan demikian stabilitas lereng menggunakan beberapa variasi sudut tidak aman.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Longsor, Nilai angka keamanan, Stabilitas lereng, Mass-wasting, Landslides, Debris avalanches, Slopes (Soil mechanics), Structural stability |
Subjects: | Natural Resources & Earth Sciences > Natural Resource Management Civil Engineering > Tunnel, Dams, Flood Control, Harbor engineering Transportation > Road Transportation |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 01 Dec 2024 02:38 |
Last Modified: | 01 Dec 2024 02:38 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/36945 |