Pembelajaran membaca dan menulis fakta dan opini artikel ilmiah jurnal online menggunakan teknologi informasi digital

Lexminander, Budi Kurniawan A. Doda (2024) Pembelajaran membaca dan menulis fakta dan opini artikel ilmiah jurnal online menggunakan teknologi informasi digital. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 3 (1): 4. pp. 37-48. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_3_1_2024-4.pdf]
Preview
Text
2809-5367_3_1_2024-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) hasil belajar keterampilan membaca dan menulis fakta dan opini artikel ilmiah jurnal online menggunakan teknologi informasi digital; 2) berbeda-tidaknya hasil belajar keterampilan membaca dan menulis fakta dan opini artikel ilmiah jurnal online menggunakan teknologi informasi digital per kelompok sampel. Kegiatan penelitian dilaksanakan di semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian terbatas kepada 3 kelas paralel siswa kelas XII yang berjumlah 100 siswa yang mengikuti pembelajaran membaca dan menulis pesan cerita sejarah menggunakan teknologi informasi digital. Penelitian menggunakan 80 siswa sebagai anggota sampel yang ditetapkan sesuai dengan formula sampel atas populasi. Untuk mengumpulkan data hasil belajar menemukan fakta dan opini artikel ilmiah jurnal online menggunakan teknologi informasi digital digunakan tes di google form opsi file upload. Tes berbasis google form berisi 6 item indikator fakta dan 6 item untuk opini atas 3 artikel ilmiah jurnal online; setiap indikator diwakili oleh 2 pertanyaan. Data hasil belajar menemukan fakta dan opini artikel ilmiah jurnal online menggunakan teknologi informasi digital dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial yakni uji t satu sampel dan uji one-way Anova. Uji t satu sampel dipakai untuk menemukan jawaban atas rumusan masalah-1 dan rumusan masalah-3 sedangkan uji one-way Anova dipakai untuk menjawab rumusan masalah-2 dan rumusan masalah-4. Hasil penelitian: 1) hasil belajar keterampilan membaca dan menulis fakta artikel ilmiah jurnal online mencapai mean 79,67 pada skor minimal 72,43; 2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan membaca dan menulis fakta artikel ilmiah jurnal online menggunakan teknologi informasi digital per kelompok sampel; 3) hasil belajar keterampilan membaca dan menulis opini artikel ilmiah jurnal online mencapai mean 79,67 pada skor minimal 70,33; 4) tidak terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan membaca dan menulis opini artikel ilmiah jurnal online menggunakan teknologi informasi digital per kelompok sampel.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Membaca dan menulis, Fakta dan opini, Artikel ilmiah, Jurnal online, Teknologi informasi digital, Learning methods, Reading, Writing, Journal writing, Academic achievement, Information technology
Subjects: Computers, Control & Information Theory
Language > Linguistics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 28 Nov 2024 08:57
Last Modified: 28 Nov 2024 08:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/36875

Actions (login required)

View Item
View Item