Merry, Ratar and Evawani, Tomayahu and Stevan, Patris Wewengkang (2023) Analisis bauran promosi terhadap keputusan konsumen membeli pepaya california (Carica papaya L.) di Freshmart Paniki Manado. Global Science: The Journal of Research and Development, 4 (2): 1. pp. 1-8. ISSN 2808-7259
2808-7259_4_2_2023-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar periklanan berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli pepaya california (Carica papaya L.) di FreshMart Paniki Manado. Promosi penjualan berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli pepaya california (Carica papaya L.) di FreshMart Paniki Manado. Publisitas berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli pepaya california (Carica papaya L.) di FreshMart Paniki Manado. Penjualan personal berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli pepaya california (Carica papaya L.) di FreshMart Paniki Manado. Penjualan langsung berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli pepaya california (Carica papaya L.) di FreshMart Paniki Manado, Bauran. Promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli Pepaya California (Carica papaya L.) di FreshMart Paniki Manado. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksplanatori. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu Periklan (X1), Promosi Penjualan (X2), Publisitas (X3), Penjualan Personal (X4), Penjualan Langsung (X5), sedangkan variabel terikatnya yaitu Keputusan Konsumen. Dalam penelitian ini populasi adalah para konsumen di FreshMart Paniki Manado. Pengambilan sampel dengan metode accidential sampling sebesar 60 orang. Data primer diperoleh dengan memberikan pertanyaan (questionnaire) dan melakukan wawancara (interview), sedangkan data sekunder diperoleh melalui kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan melalui analisis regresi linier berganda, perhitungan koefisien kolerasi (r), koefisien determinasi, uji signifikansi simultan (uji f), dan uji hipotesis parsial (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh positif Variabel Periklanan (X1) terhadap Keputusan Konsumen membeli pepaya california (Carica papaya L.) di FreshMart Paniki Manado (Y). Terdapat pengaruh positif variabel Promosi Penjualan (X2) terhadap keputusan konsumen membeli Pepaya California (Carica papaya L.) di FreshMart Paniki Manado (Y). Terdapat pengaruh positif variabel Publisitas (X3) terhadap Keputusan Konsumen membeli Pepaya California (Carica Papaya L.) di FreshMart Paniki Manado (Y). Terdapat pengaruh positif variabel Penjualan Personal (X4) terhadap Keputusan Konsumen membeli pepaya california (Carica Papaya L.) di FreshMart Paniki Manado (Y). Terdapat pengaruh positif variabel Pemasaran Langsung (X4) terhadap keputusan konsumen membeli Pepaya California (Carica Papaya L.) di FreshMart Paniki Manado (Y).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran promosi, Keputusan konsumen, Make-or-buy decisions, Promotion, Carica papaya |
Subjects: | Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 26 Oct 2024 11:32 |
Last Modified: | 26 Oct 2024 11:32 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/36800 |