Analisis prinsip belajar matematika materi translasi titik di SMA Muhammadiyah 1 Jombang kelas XI IPS

Adelia, Salsabilla and Dewi, Fajar Nur Kumala Sari and Mohammad, Syafiqur Rohman and Silvana, Zahra Salsabila and Jauhara, Dian Nurul Iffah (2023) Analisis prinsip belajar matematika materi translasi titik di SMA Muhammadiyah 1 Jombang kelas XI IPS. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8 (1): 2. pp. 10-20. ISSN 2503-4723

[thumbnail of 2503-4723_8_1_2023-2.pdf]
Preview
Text
2503-4723_8_1_2023-2.pdf - Updated Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Indonesia tidak dapat lepas dari peran seorang guru, selain bertugas untuk mentransfer ilmu juga bertugas untuk membentuk karakter siswa agar dapat dikatakan layak menjadi penerus masa depan. Mutu di bidang pendidikan mengacu pada proses dan hasil pendidikan itu sendiri. Proses pendidikan melibatkan berbagai input, berupa bahan ajar, metodologi, sarana, dan prasarana, dukungan administrasi, lingkungan kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip belajar dalam materi transformasi geometri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk mengamati prinsip pembelajaran materi translasi titik di SMA Muhammadiyah 1 Jombang. Dalam Penelitian ini instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara Subyek pada penelitian ini adalah guru matematika SMA Muhammadiyah 1 Jombang. Hasil penelitian ini adalah penerapan prinsip pembelajaran dimana guru telah memberi perhatian dan motivasi kepada siswa sehingga muncul keaktifan pada saat proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan oleh keterlibatan langsung siswa di dalam kelas seperti kemauan belajar, bertanya dan menjawab soal. Selain itu, guru juga terlihat memberikan pengulangan dan tantangan kepada siswa yang kemudian di akhiri dengan balikan dan penguatan yang akan menjadi akhir dari proses pembelajaran di SMA Muhammadiyah 1 Jombang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prinsip belajar, Proses pembelajaran matematika, Mathematics education, Learning processes
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 26 Oct 2024 09:35
Last Modified: 26 Oct 2024 09:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/35879

Actions (login required)

View Item
View Item