Analisis motivasi belajar peserta didik SMK pada pembelajaran matematika pasca pandemi Covid-19

Sanie, Rachma Setia Gunawan and Indrie, Noor Aini (2023) Analisis motivasi belajar peserta didik SMK pada pembelajaran matematika pasca pandemi Covid-19. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8 (1): 1. pp. 1-9. ISSN 2503-4723

[thumbnail of 2503-4723_8_1_2023-1.pdf]
Preview
Text
2503-4723_8_1_2023-1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pasca pandemi Covid-19 telah dilaksanakan secara luring dengan kapasitas 100% setelah sebelumnya dilaksanakan secara daring. Peralihan sistem pembelajaran dari daring menjadi luring tentu mengakibatkan banyak perubahan pada peserta didik. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika pasca-pandemi Covid-19. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Karawang, dengan 31 peserta didik kelas XI TM 1 yang menjadi subjek penelitian, serta kualitatif deskriptif sebagai metode penelitian yang digunakan. Berdasarkan pada hasil penelitian, motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika berkategori baik dengan persentase rata-rata seluruh indikator sebesar 65,52%. Terdapat 5 (lima) indikator yang tergolong kategori motivasi belajar baik dan 1 (satu) indikator yang tergolong kategori motivasi belajar cukup. Indikator yang tergolong kategori motivasi belajar baik yaitu terdapat keinginan dan hasrat untuk belajar (63,76%), terdapat kebutuhan dan dorongan untuk belajar (64.11%), terdapat ambisi dan cita-cita masa depan (71,61%), terdapat apresiasi dalam belajar (69,57%), serta terdapat situasi kondusif dalam belajar (64,62%). Sedangkan indikator yang tergolong kategori motivasi belajar cukup yaitu terdapat aktivitas menarik dalam belajar (59,41%).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Pasca pandemi Covid-19, Pembelajaran matematika, Masa transisi, Mathematics education, Learning motivation, Covid 19, Pandemics, Vocational education
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 06 Oct 2024 08:30
Last Modified: 06 Oct 2024 08:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/35872

Actions (login required)

View Item
View Item