Korelasi jumlah hafalan Alquran dengan prestasi akademik siswa kelas VIII C di SMPIT Ulul Albab Purworejo tahun pelajaran 2022/2023

Shibaa, Mawaddah Shiddiiqoh and Aisyah, Shidiqoh and Zahro, Ferli Kinanthi (2023) Korelasi jumlah hafalan Alquran dengan prestasi akademik siswa kelas VIII C di SMPIT Ulul Albab Purworejo tahun pelajaran 2022/2023. Islamic Education and Counseling Journal, 2 (2): 4. pp. 28-34. ISSN 2828-5905

[thumbnail of 2828-5905_2_2_2023-4.pdf]
Preview
Text
2828-5905_2_2_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (237kB) | Preview

Abstract

Menghafal Alquran ialah proses mengulang bacaan Alquran dengan cara membaca ataupun mendengar berulang kali sampai melekat pada ingatan yang kemudian dibaca ulang tanpa melihat mushaf Alquran. Dengan menghafal Alquran dapat melatih kemampuan memori dan menstimulus kinerja otak, sehingga akan mempengaruhi kemampuan siswa terhadap prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi jumlah hafalan Alquran dengan prestasi akademik siswa kelas VIII C di SMPIT Ulul Albab Purworejo tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan penelitian korelasional.Adapun sampel penelitian sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi product moment menggunakan aplikasi JASP (Jeffrey’s Amazing Statistics Program). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya korelasi positif dan signifikan antara jumlah hafalan Alquran dengan prestasi akademik siswa kelas VIII C di SMPIT Ulul Albab Purworejo tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Menghafal Alquran, Prestasi akademik, Academic achievement, Koran, Memorizing Al-Qur'an
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 29 Oct 2024 06:00
Last Modified: 29 Oct 2024 06:00
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/35845

Actions (login required)

View Item
View Item