Edukasi remaja sadar gizi di SMAIT Peradaban Al Izzah Kota Sorong

Yulia, Rachmawati and Kiky, Kartika (2024) Edukasi remaja sadar gizi di SMAIT Peradaban Al Izzah Kota Sorong. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 7 (3): 16. pp. 1101-1110. ISSN 2615-0921

[thumbnail of 2615-0921_7_3_2024-16.pdf]
Preview
Text
2615-0921_7_3_2024-16.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (509kB) | Preview

Abstract

Prevalensi status gizi remaja 16-18 tahun di Provinsi Papua Barat yaitu sangat kurus dan kurus 8,7%, gemuk dan obesitas 14,7%, serta sangat pendek dan pendek 35,2%. Masalah gizi tersebut tersebar di wilayah kerja Puskesmas Malaimsimsa Kota Sorong salah satunya di SMAIT Peradaban Al Izzah Kota Sorong. Kondisi ini terkait dengan asupan gizi tidak optimal dan masih terbatasnya kegiatan penanggulangan pada remaja. Kegiatan pengabdiaan kepada mayarakat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang gizi dan kesadaran untuk memantau berat badan serta status gizinya secara mandiri. Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan melalui 2 tahap dalam bentuk penyuluhan dan praktik dengan melibatkan mitra sasaran secara aktif. Hasil evaluasi post-test I (skor 88,4) dan post-test II (skor 91,3) menunjukan peningkatan pengetahuan setelah dilakukan edukasi dibandingkan sebelumnya dilihat dari hasil pre-test (skor 72,6). Pemberian edukasi mampu menambah pegetahuan remaja tentang gizi. Media dibaca kembali ketika remaja pulang setelah diberikan penyuluhan berhasil meningkatkan lagi pengetahuan pada remaja.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Edukasi, Remaja, Sadar gizi, Pemantauan berat badan, Status gizi, Nutritional status, Adolescents, Health education, Nutrition, Weight
Subjects: Health Resources > Health Services
Health Resources > Health Education & Manpower Training
Medicine & Biology > Nutrition
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 30 Sep 2024 07:49
Last Modified: 30 Sep 2024 07:49
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/35008

Actions (login required)

View Item
View Item