Hubungan pembelajaran keterampilan menulis paragraf prosedur melalui teknik substitusi numerik dalam LKPD terhadap pencapaian matematika

Sahria, Sahria (2023) Hubungan pembelajaran keterampilan menulis paragraf prosedur melalui teknik substitusi numerik dalam LKPD terhadap pencapaian matematika. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 2 (6): 13. pp. 831-840. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_2_6_2023-13.pdf]
Preview
Text
2809-5367_2_6_2023-13.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (742kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) hasil belajar menulis paragraf prosedur melalui teknik substitusi numerik dalam LKPD; 2) hasil belajar matematika; 3) pengaruh hasil belajar menulis paragraf prosedur melalui teknik substitusi numerik dalam LKPD terhadap hasil belajar matematika. Penelitian dilakukan di SD Negeri 30 Tual. Kegiatan penelitian dilaksanakan pada awal semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian adalah siswa kelas 4a berjumlah 25 siswa yang mengkuti pembelajaran keterampilan menulis paragraf prosedur menggunakan teknik substitusi numerik dalam LKPD. Sampel ditetapkan sebanyak 24 siswa. Untuk mengumpulkan data hasil belajar menulis paragraf prosedur digunakan tes unjuk kerja. Indikator tes menulis paragraf prosedur adalah satu kalimat pokok dan 4 kalimat pendukung bertopik operasi pengurangan bilangan bulat terhadap bilangan pecahan. Untuk mengumpulkan data hasil belajar matematika digunakan tes matematika berbentuk jawaban singkat melalui indikator pengurangan bilangan bulat satuan dengan bilangan pecahan biasa. Data hasil belajar menulis paragraf prosedur melalui teknik substitusi numerik dalam LKPD dan data hasil belajar matematika masingmasing dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel. Data pengaruh diuji menggunakan prosedur uji korelasi sederhana dari Spearman. Hasil penelitian; 1) hasil belajar menulis paragraf prosedur melalui teknik substitusi numerik dalam LKPD mencapai mean 71,16; 2) hasil belajar matematika mencapai mean 68,00; 3) hasil belajar menulis paragraf prosedur melalui teknik substitusi numerik dalam LKPD berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan nilai r = 0,729.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, Paragraf prosedur, Teknik substitusi numerik, LKPD, Pencapaian matematika, Writing skills, Mathematics education, Teaching materials, Numerical methods
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language > Linguistics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 29 Sep 2024 13:37
Last Modified: 29 Sep 2024 13:37
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/34563

Actions (login required)

View Item
View Item