Basyirah, Basyirah (2023) Supervisi klinik kepala sekolah terhadap guru kelas tinggi tentang pembelajaran terpadu bahasa Indonesia dan matematika. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 2 (6): 2. pp. 715-728. ISSN 2809-5367
2809-5367_2_6_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (701kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) hasil pembelajaran terpadu fokus Bahasa Indonesia tema Matematika siswa kelas 4; 2) hasil pembelajaran terpadu fokus Bahasa Indonesia tema Matematika siswa kelas 5; 3) hasil pembelajaran terpadu fokus Bahasa Indonesia tema Matematika siswa kelas 6. Supervisi klinik berbentuk pembelajaran tematik berlangsung di semester ganjil tahun pelajaran 2023-2024 di SD Negeri 003 Pasenggerahan. Sasaran utama pembelajaran adalah kegiatan supervisi klinik terhadap guru kelas IV tentang cara meningkatkan pemahaman gagasan bacaan melalui tema matematika yakni perkalian bilangan desimal. Subjek penelitian ini: 1) 21 siswa kelas 4; 2) 19 siswa kelas 5; 3) 20 siswa kelas 6. Instrumen penelitian: 1) tes objektif pemahaman gagasan bacaan; 2) tes jawaban singkat matematika; 3) LKPD per kelas tinggi; 4) RPP per kelas tinggi; 5) pedoman observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa. Semua instrumen memenuhi syarat validitas isi. Data dikumpulkan dalam pembelajaran konvensional di bulan Juli 2023 masingmasing untuk 2 kali pertemuan. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan: 1) mean tes formatif 78,77 persen untuk Bahasa Indonesia dan 75,19 persen untuk Matematika bagi siswa kelas 4; 2) 1) mean tes formatif 79,11 persen untuk Bahasa Indonesia dan 76,19 persen untuk Matematika bagi siswa kelas 5; 3) mean tes formatif 81,77 persen untuk Bahasa Indonesia dan 79,79 persen untuk Matematika bagi siswa kelas 6.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi klinik kepala sekolah, Guru kelas tinggi, Pembelajaran terpadu, Bahasa Indonesia, Matematika, School children, Learning strategies, Elementary school principals, Mathematics, Indonesian language |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Language > Linguistics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 04:23 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 04:23 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/34525 |