Peran mediasi brand image dan brand experience pada pengaruh perceived quality terhadap post-purchase intention Mixue di Surabaya

Chedian, Jules Pramono and Yohanes, Sondang Kunto and Adriani, Aprilia (2023) Peran mediasi brand image dan brand experience pada pengaruh perceived quality terhadap post-purchase intention Mixue di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17 (2): 5. pp. 112-120. ISSN 1907-235X

[thumbnail of 1907-235X_17_2_2023-5.pdf]
Preview
Text
1907-235X_17_2_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (344kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran mediasi brand image (BI) dan brand experience (BE) sebagai mekanisme yang mungkin menghubungkan pengaruh positif perceived quality (PQ) terhadap post-purchase intention (PPI). Dengan menggunakan Mixue, waralaba es krim dan teh yang sedang berkembang pesat sebagai obyek penelitian, studi ini melakukan survei terhadap 151 responden di Surabaya selama Mei-Juni 2023. Analisis PLS-SEM menunjukkan bahwa PQ berpengaruh positif terhadap PPI (direct effect: std. coef. = 0,201**; total effect: std. coef. = 0,742**; R2 = 0,771), menguatkan temuan penelitian terdahulu. Menariknya, penelitian ini menambahkan bahwa BE memiliki peran mediasi yang dominan pada pengaruh tersebut dibanding BI (indirect effect: std. coef. BE vs BI = 0,413**vs 0,127*). Informasi ini memberikan arah manajerial untuk meningkatkan PPI yaitu melalui penguatan indikator-indikator PQ yang berkaitan erat dengan pembentukan BE.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Brand experience, Brand image, Perceived quality, Post-purchase intention, Brand choice, Consumer behavior, Brand loyalty, Consumer satisfaction, Ice cream parlors
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 01 Oct 2024 02:28
Last Modified: 01 Oct 2024 02:28
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/34061

Actions (login required)

View Item
View Item