Chedian, Jules Pramono and Yohanes, Sondang Kunto and Adriani, Aprilia (2023) Peran mediasi brand image dan brand experience pada pengaruh perceived quality terhadap post-purchase intention Mixue di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17 (2): 5. pp. 112-120. ISSN 1907-235X
1907-235X_17_2_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (344kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran mediasi brand image (BI) dan brand experience (BE) sebagai mekanisme yang mungkin menghubungkan pengaruh positif perceived quality (PQ) terhadap post-purchase intention (PPI). Dengan menggunakan Mixue, waralaba es krim dan teh yang sedang berkembang pesat sebagai obyek penelitian, studi ini melakukan survei terhadap 151 responden di Surabaya selama Mei-Juni 2023. Analisis PLS-SEM menunjukkan bahwa PQ berpengaruh positif terhadap PPI (direct effect: std. coef. = 0,201**; total effect: std. coef. = 0,742**; R2 = 0,771), menguatkan temuan penelitian terdahulu. Menariknya, penelitian ini menambahkan bahwa BE memiliki peran mediasi yang dominan pada pengaruh tersebut dibanding BI (indirect effect: std. coef. BE vs BI = 0,413**vs 0,127*). Informasi ini memberikan arah manajerial untuk meningkatkan PPI yaitu melalui penguatan indikator-indikator PQ yang berkaitan erat dengan pembentukan BE.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand experience, Brand image, Perceived quality, Post-purchase intention, Brand choice, Consumer behavior, Brand loyalty, Consumer satisfaction, Ice cream parlors |
Subjects: | Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 02:28 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 02:28 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/34061 |