Maria, Natasya Manurung and Fitriani, Tupa R. Silalahi (2023) Analisis kualitas layanan terhadap kepuasan pengunjung Pantai Siregar Aek Nalas menggunakan metode service quality, model kano, dan root cause analysis. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17 (2): 4. pp. 101-111. ISSN 1907-235X
1907-235X_17_2_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (439kB) | Preview
Abstract
Salah satu objek wisata Danau Toba di Kabupaten Toba yang masih perlu ditingkatkan kualitasnya dengan tujuan meningkatkan jumlah pengunjung adalah objek wisata Pantai Siregar Aek Nalas. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan faktor utama yang harus ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan pengunjung di Pantai Siregar Aek Na Las. Berdasarkan hasil pengumpulan data kuesioner dari 100 responden, dilakukan pengolahan data berdasarkan atribut yang bernilai negatif, signifikan, dan termasuk dalam kategori Kano attractive, one dimensional dan must be. Selanjutnya dilakukan integrasi service quality dan model Kano sehingga diperoleh 14 atribut yang menjadi prioritas perbaikan dari atribut layanan yang tidak puas berdasarkan nilai Adjusted Importance terbesar. Faktor pertama yang menjadi prioritas perbaikan adalah atribut T3 yaitu pantai memiliki tempat sampah sebagai sarana kebersihan yang cukup dengan nilai adjusted importance 23,18 dan faktor prioritas kedua adalah atribut T8 yaitu pantai memiliki spot foto dengan nilai adjusted importance 21,22. Setelah itu, digunakan diagram tulang ikan untuk menentukan akar masalah dari setiap faktor prioritas. Hal ini menghasilkan rekomendasi yang harus dilakukan oleh pengelola pantai untuk meningkatkan jumlah pengunjung
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas, Model Kano, Root cause analysis, Service quality, Wisata, Wisatawan, Quality of services, Client satisfaction, Tourist industry, Tourist areas |
Subjects: | Urban & Regional Technology & Development > Recreation Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 29 Sep 2024 12:56 |
Last Modified: | 29 Sep 2024 12:56 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/34060 |