Analisis pengaruh atribut religius dalam konten promosi di media sosial terhadap behavioural intention konsumen muslim

Rizkia, Amalia Primaputri and Yeshika, Alversia (2023) Analisis pengaruh atribut religius dalam konten promosi di media sosial terhadap behavioural intention konsumen muslim. Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia, 46 (1): 1. pp. 1-17. ISSN 0302-9859

[thumbnail of 0302-9859_46_1_2023-1.pdf]
Preview
Text
0302-9859_46_1_2023-1.pdf - Published Version

Download (581kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat dampak yang ditimbulkan atribut religius dalam konten promosi di media sosial terhadap perilaku konsumen Muslim ketika termediasi social media offensiveness (kekecewaan). Model diaplikasikan pada obyek studi kasus sebuah restoran yang sempat ramai disebut dalam e-WOM sebab isu kehalalannya. Penelitian bersifat kuantitatif dengan melibatkan 204 konsumen yang datanya diolah dengan teknik SEM (structural equation modelling). Dari penelitian ini terungkap bahwa: 1) atribut visual memicu e-WOM negatif secara tidak langsung, 2) social media offensiveness memediasi atribut visual pada konten promosi di media sosial terhadap disampaikannya e-WOM negatif, 3) sikap responsiveness konsumen memediasi atribut visual pada konten promosidi media sosial terhadap kekecewaannya, dan 4) perceived importance of Halal logo menghindari konsumen dari rasa kecewa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Atribut religius, Social media offensiveness, Negative e-WOM, Logo halal, Social media, Sales promotion, Restaurants, Halal food, Consumer complaints
Subjects: Social and Political Sciences > Social Concerns
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:06
Last Modified: 10 Sep 2024 07:06
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33845

Actions (login required)

View Item
View Item