Pengaruh online customer review dan customer rating terhadap keputusan pembelian sepatu Nike pada Shopee

Michael, Kusumar (2023) Pengaruh online customer review dan customer rating terhadap keputusan pembelian sepatu Nike pada Shopee. Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen, 2 (2): 3. pp. 405-423. ISSN 2808-4667

[thumbnail of 2808-4667_2_2_2023-3.pdf]
Preview
Text
2808-4667_2_2_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (441kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian. Dengan adanya penelitian ini memberikan manfaat bagi customer atau pembeli sebelum mereka melihat sebuah produk ditoko online mereka bisa melihat kualitas barang dari online customer review dan juga onlinecustomer rating. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta pengaruh antara variabel satu dengan variabel lainnya. datapenelitian ini menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik survey menggunakan instrumen berupa kuesioner (angket). Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang menggunakan aplikasi Shopee. Kriteria pengambilan sampel yaitu konsumen atau pengguna yang membeli sepatu merk NIKE melalui Shopee. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah antara online customer review dan online customer rating. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara customer review dan customer rating berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian toko online Shopee. Namun, terdapat 78% pembeli online kecewa pada customer review dan customer rating, mayoritas memilih hanya melihat dan mencari produk online yang akhirnya batal membeli karena tidak jelas apakah penjual atau produknya dapat dipercaya, begitu juga saat mendapati harganya terlalu mahal, maka bisa disimpulkan bahwa online customer review dan customer rating berpengaruh negatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Online customer review, Online customer rating, Keputusan pembelian, Sepatu Nike, Shopee, Electronic commerce--Case studies, Mobile commerce, Reviews, Endorsements in advertising, Athletic shoes
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:47
Last Modified: 28 Jun 2024 03:47
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33277

Actions (login required)

View Item
View Item