Pengaruh product quality dan product review terhadap keputusan pembelian masker Sensi pada e-commerce Shopee

Afiana, Afiana (2023) Pengaruh product quality dan product review terhadap keputusan pembelian masker Sensi pada e-commerce Shopee. Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen, 2 (2): 2. pp. 387-404. ISSN 2808-4667

[thumbnail of 2808-4667_2_2_2023-2.pdf]
Preview
Text
2808-4667_2_2_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (380kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh product quality dan product review terhadap keputusan pembelian. Dengan adanya penelitian ini memberikan manfaat bagi customer atau pembeli sebelum mereka melihat sebuah produk di toko online mereka bisa melihat kualitas produk terdahulu dan juga product review. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta pengaruh antara variabel satu dengan variabel lainnya. data penelitian ini menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik survey menggunakan instrumen berupa kuesioner (angket). Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang menggunakan aplikasi Shopee. Kriteria pengambilan sampel yaitu konsumen atau pengguna yang membeli masker merk Sensi melalui Shopee. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah antara product quality dan product review. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara product quality dan product review berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian toko online Shopee. Namun, ada beberapa penelitian yang tidak berhasil dibuktikan karena banyak konsumen yang tidak melihat kualitas produk yang ditawarkan akan sesuai dengan produk yang diterima serta fitur ulasan produk dari konsumen lain yang pernah membeli untuk melakukan keputusan pembelian. Maka bisa disimpulkan bahwa product quality dan product review berpengaruh negatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Product quality, Product review, Keputusan pembelian, Masker Sensi, E-commerce Shopee, Electronic commerce--Case studies, Mobile commerce, Consumers' preferences, Make-or-buy decisions, Masks
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:32
Last Modified: 27 Jun 2024 02:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33276

Actions (login required)

View Item
View Item