Siti, Nur Asmah and Dewi, Ismu Purwaningsih (2023) Pengembangan kartu bangun ruang berbasis augmented reality. EDUKASI: Jurnal Pendidikan, 21 (1): 12. pp. 157-171. ISSN 1829-8702
1829-8702_21_1_2023-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (385kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian adalah mengembangkan kartu bangun ruang berbasis augmented reality (AR). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Produk divalidasi oleh empat orang ahli yang terdiri dari dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Uji coba produk dilakukan pada 28 siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pontianak. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang terdiri dari angket kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kartu bangun ruang berbasis AR layak digunakan berdasarkan hasil uji kelayakan dari ahli media dan materi serta praktis dan efektif berdasarkan hasil uji coba. Berdasarkan hasil uji kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan, disimpulkan bahwa kartu bangun ruang berbasis AR layak, praktis, dan efektif untuk disebarluaskan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented reality, Kartu bangun ruang, Konsep bangun ruang, Mathematics, Geometry, Shapes, Practical reason, Effective teaching, Junior high school students |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 04:40 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 04:40 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/33254 |