Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Bugangan pada bulan Juni tahun 2022

Bajeng, Nurul W and Diah, Kari Artati and Renha, Maria Pelera Ojan (2023) Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Bugangan pada bulan Juni tahun 2022. Medika Trada: Jurnal Teknik Elektromedik Polbitrada, 4 (1): 4. pp. 20-27. ISSN 2829-453X

[thumbnail of 2829-453X_4_1_2023-4.pdf]
Preview
Text
2829-453X_4_1_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (213kB) | Preview

Abstract

Kepuasan pasien adalah faktor utama pada saat meninjau ulang mutu pelayanan dengan menilai tanggapan pasien sesudah mendapatkan layanan. Puasnya pasien bergantung terhadap mutu pelayanan yang diberikan sesuai harapan pasien. Tujuan penelian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Bugangan pada Bulan Juni Tahun 2022. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kuantitatif menggunakan rancangan pendekatan Cross Sectional dengan populasi sebanyak 106 orang. Penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan total 84 sampel. Hasil uji chi square terhadap reliability diperoleh nilai p value 0.000 < 0.05. Terhadap responsibility diperoleh nilai p value 0.043 < 0.05. Terhadap assurance diperoleh nilai p value 0.052 > 0.05. Terhadap empathy diperoleh nilai p value 0.015 < 0.05. Terhadap tangibility diperoleh nilai p value 0.002 < 0.05. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan dimensi reliability, responsibility, empathy dan tangibility dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Bugangan pada bulan Juni tahun 2022 dan tidak ada hubungan assurance dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Bugangan pada bulan Juni tahun 2022.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Reliability, Responsibility, Empathy, Tangibility, Assurance, Quality of services, Health services, Hospital outpatient clinics
Subjects: Health Resources > Health Care Assessment & Quality Assurance
Health Resources > Health Services
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:52
Last Modified: 29 Feb 2024 07:52
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33046

Actions (login required)

View Item
View Item