Cristian, Rizqi Anggraini and Juhanda, Juhanda (2023) Pengaruh kualitas produk makanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di Rubyrestoran Royal Hotel n’ Lounge. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 6 (1): 3. pp. 18-23. ISSN 1858-0114
1858-0114_6_1_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (460kB) | Preview
Abstract
Hotel merupakan sebuah bangunan yang menyediakan akomodasi, makan dan minuman, dimana tamu yang berkunjung tidak hanya bertujuan untuk menginap saja.Makanan dan minuman merupakan produk hotel yang memberikan masukan terbesar nomor dua setelah kamar. Oleh karena itu untuk tetap bersaing di bidang makanan dan minuman baik dengan hotel lain maupun restoran perlu adanya peningkatan kepuasan pelanggan terhadap produk makanan dan minuman. Dalam penelitian ini akan membahas tentang pengaruh kualitaas produk makanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di Ruby Restoran Royal Hotel N’ Lounge. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel kualitas produk makanan dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan serta untuk mengetahui pengaruh yang paling dominan antara kualitas makanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Responden dari penelitian ini adalah tamu hotel royal nlounge sebanyak 100 orang dan dipilih secara acak. Proses penelitian ini diawali dengan uji instrumen penelitian, wawancara dan penyebaran kuesioner untuk mendapatkan data primer dan sekunder. Data yang telah diperoleh diuji menggunakan regresi linier berganda yang diolah dengan software SPFF. Tahap akhir dalam penelitian ini adalah penyusunan laporan akhir berdasarkan hasil analisis data dan publikasi ilmiah sebagai luaran penelitia ini. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kualitas prosuk makanan terhadap loyalitas pelanggan,terdapat pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelannga dan terdapat pengaruh secara simultan kualitas produk makanan dan kepuasan pelanggan terhadaployalitas pelanggan Ruby Restoran Royal Hotel N’ Lounge.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hotel, Kualitas produk makanan, Kepuasan pelanggan, Loyalitas pelanggan, Consumer satisfaction, Customer loyalty, Quality of products, Foods |
Subjects: | Administration & Management > Management Practice Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 25 Feb 2024 12:58 |
Last Modified: | 25 Feb 2024 12:58 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/32969 |