Terapi kognitif terhadap penderita hipertensi

Mutia, Agustiani Moonti and Moch., Didik Nugraha and Merissa, Laora Heryanto and Ronny, Firmansyah Suhada and Aditiya, Puspanegara (2023) Terapi kognitif terhadap penderita hipertensi. Jurnal Pemberdayaan dan Pendidikan Kesehatan, 2 (2): 2. pp. 59-67. ISSN 2809-4646

[thumbnail of 2809-4646_2_2_2023-2.pdf]
Preview
Text
2809-4646_2_2_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (824kB) | Preview

Abstract

Faktor psikologis sangat berpengaruh terhadap proses penanganan masalah hipertensi, terkadang seseorang mengalami kecemasan karena berbagai penyakit yang di derita tidak kunjung sembuh bahkan semakin memburuk, hal ini membuat harapan untuk sembuh menjadi sangat tipis, menjadikan penderita merasa cemas. Tujuan dilakukan pengabdian masyarakat yakni memberikan dampak baik terhadap penurunan penyakit hipertensi dalam terapi psikologis yang diberikan langsung terhadap penderita. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menghitung pre dan post tekanan darah dengan hasil uji paired t-test nilai p didapatkan p-value 0,000 < α=0,05 yang berarti ada pengaruh. Rata-rata tingkat kecemasan sebelum diberikan intervensi adalah 14,40 (kecemasan berat) dan sesudah diberikan intervensi 10,05 (kecemasan sedang). Kesimpulan pengabdian masyarakat adalah dapat diaplikasikan oleh penderita sebagai alternatif relaksasi dengan terapi kognitif selama 2 hari dengan waktu 15-20 menit perhari untuk menurunkan tingkat kecemasan yang terjadi pada penderita hipertensi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, Tingkat kecemasan, Terapi kognitif, Hypertension, Anxiety, Cognitive therapy
Subjects: Health Resources > Health Care Technology
Medicine & Biology > Occupational Therapy, Physical Therapy, & Rehabilitation
Medicine & Biology > Psychiatry
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 16 Feb 2024 08:46
Last Modified: 16 Feb 2024 08:46
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32864

Actions (login required)

View Item
View Item