Efektivitas terapi bermain: Melukis dan mewarnai terhadap penurunan tingkat kecemasan akibat hospitalisasi pada anak

Zainal, Munir (2023) Efektivitas terapi bermain: Melukis dan mewarnai terhadap penurunan tingkat kecemasan akibat hospitalisasi pada anak. Journal of Nursing Practice and Education, 3 (2): 16. pp. 220-229. ISSN 2775-0663

[thumbnail of 2775-0663_3_2_2023-16.pdf]
Preview
Text
2775-0663_3_2_2023-16.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (354kB) | Preview

Abstract

Kecemasan hospitalisasi yang terjadi pada anak karna adanya perasaan takut dan tidak adanya penerimaan terhadap perubahan status kesehatan sehingga menyebabkan kegelisahan bahkan trauma berkepanjangan. Untuk mengurangi kecemasan hospitalisasi pada anak bisa diberikan berbagai cara diantaranya dengan memberi stimulasi berupa terapi bermain dengan media lukis dan mewarnai. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan terapi bermain melukis dan mewarnai terhadap penurunan tingkat kecemasan pada anak yang di rawat inap. Metode: penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan rancangan pra Eksperiment dengan pendekatan one group pretest posttest: one way anova dan paired samples T test. Dengan jumlah responden sebanyak 84 yang terdiri dari 28 responden pada setiap kelompok. Hasil yang diperoleh nilai P=0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan: Terdapat perbedaan terapi bermain melukis dan mewarnai terhadap penurunan tingkat kecemasan pada anak akibat hospitalisasi di RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Melukis, Mewarnai, Tingkat Kecemasan, Anxiety, Paint, Children, Coloring
Subjects: Health Resources > Health Care Technology
Medicine & Biology > Psychiatry
Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 16 Feb 2024 07:04
Last Modified: 16 Feb 2024 07:04
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32814

Actions (login required)

View Item
View Item