Neneng, Aria Nengsih and Gia, Indriawati Lestari (2023) Caring perawat berbasis teori Jean Watson dalam keberhasilan prosedur infus pada anak pra sekolah di Rumah Sakit Umum Kuningan. Journal of Nursing Practice and Education, 3 (2): 12. pp. 189-196. ISSN 2775-0663
2775-0663_3_2_2023-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (609kB) | Preview
Abstract
Keberhasilan pemasangan infus pada anak saat menjalani hospitalisasi dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu perilaku caring perawat. Tujuan penelitian mengetahui hubungan antara perilaku caring perawat berbasis teori Jean Watson dengan keberhasilan prosedur infus pada anak pra sekolah di Rumah Sakit Umum Kuningan tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel berjumlah 38 perawat anak dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan analisis data menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar perilaku caring baik (84,2%), perilaku caring cukup (13,2%) dan perilaku caring kurang (2,6%). Adapun keberhasilan dalam prosedur infus sebagian besar berhasil (97,4%) dan tidak berhasil dalam prosedur (2,6%). Hasil analisis bivariate dengan uji Chi Square diketahui nilai p=0,000 (0,000 <0,05) artinya terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat menurut teori Jean Watson dengan keberhasilan prosedur infus pada anak pra sekolah. Saran bagi perawat: mengutamakan perilaku caring dan mematuhi SOP pemasangan infus terhadap klien.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Caring perawat, Prosedur infus, Caring in children, Infusion therapy |
Subjects: | Health Resources > Health Care Technology Health Resources > Health Education & Manpower Training |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 05:33 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 05:33 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/32810 |