Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PDAM Kota Kupang

Christiana, Wahyuningrum and Agustina, Sadri Yati Lay (2023) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PDAM Kota Kupang. Equilibrium: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 11 (-): 4. pp. 30-40. ISSN 2620-3790

[thumbnail of 2622-3790_11_Apr_2023-4.pdf]
Preview
Text
2622-3790_11_Apr_2023-4.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Masalah dalam penelitian ini bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PDAM Kota Kupang. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PDAM Kota Kupang. Teknik data yang dikumpulkan analisis statistik dengan teknik regresi linear sederhana menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil hasil analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PDAM KotaKupang, diketahui nilai a atau nilai konstanta sebesar 4,991 tersebut menunjukkan bahwa apabila kualitas pelayanan sebesar = 0 maka kepuasan konsumen sebesar 4,991, dengan menggunakan persamaan regresi yaitu Y=4,991+0,335X. Sedangkan nilai b sebagai koefisien regresi sebesar 0,335 menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memberi pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan PDAM Kota Kupang. Kesimpulan kualitas pelayanan meningkat sebesar 1% maka kepuasan pelanggan juga akan meningkat sebesar 0,335 atau 33,50%. Sebaliknya apabila kualitas pelayanan menurun sebesar 1% maka kepuasan pelanggan juga akan menurun sebesar 0,335 atau 33,50%. Saran yang diberikan kepada PDAM Kota Kupang untuk manajemen harus berupaya seoptimal mungkin untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan PDAM Kota Kupang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, Kepuasan pelanggan, Quality of services, Consumer satisfaction
Subjects: Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 02 Feb 2024 09:50
Last Modified: 02 Feb 2024 09:50
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32526

Actions (login required)

View Item
View Item