Pengaruh service quality, perceived value, customer satisfaction terhadap post-purchase intention pada Apple di Indonesia

Reynaldi, Reynaldi and Dewi, Wuisan (2023) Pengaruh service quality, perceived value, customer satisfaction terhadap post-purchase intention pada Apple di Indonesia. Indonesian Marketing Journal, 3 (1): 5. pp. 50-66. ISSN 2776-6004

[thumbnail of 2776-6004_3_1_2023-5.pdf]
Preview
Text
2776-6004_3_1_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (362kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh positif service quality, perceived value, customer satisfaction terhadap post-purchase intention pada Apple di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan teknologi setiap tahunnya mengalami perkembangan yang sangat pesat dan memengaruhi kecenderungan masyarakat Indonesia untuk mengakses kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi yang membutuhkan sebuah alat/device yang menunjang seperti smartphone. Orang-orang menggunakan smartphone tidak hanya sebagai alat komunikasi saja tetapi juga merupakan sebuah kebutuhan sosial dan pekerjaan. Apple yang merupakan sebuah brand yang terkenal di industri smartphone hanya menguasai kurang dari 10% pangsa pasar smartphone di Indonesia pada periode Agustus 2019–Agustus 2020. Padahal apabila dilihat dari segi pertumbuhan global, brand Apple memiliki pertumbuhan yang cukup tinggi dibandingkan pesaingnya. Hal inilah yang memicu untuk dilakukan penelitian mengenai pengaruh service quality, perceived value, customer satisfaction, terhadap post-purchase intention pada produk Apple di Indonesia. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling di mana responden merupakan pengguna produk Apple, yang berada di JABODETABEK dan luar JABODETABEK. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 200 responden dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner yang disebar melalui Google Forms. Hasil data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis validitas, reliabilitas, dan analisis statistik. Adapun pengolahan data menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) diolah menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa service quality memiliki pengaruh positif signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap post-purchase intention. Perceived value juga memiliki pengaruh positif signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap post-purchase intention. Dan yang terakhir customer satisfaction memiliki pengaruh positif secara langsung terhadap post-purchase intention Apple di Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Service quality, Perceived value, Consumer satisfaction, Post-purchase intention, Apple, Smartphones
Subjects: Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 20 Feb 2024 07:03
Last Modified: 20 Feb 2024 07:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32379

Actions (login required)

View Item
View Item