Danu, Santoso and Taufan, Abadi and Amri, Gunasti (2023) Evaluasi tebal perkerasaan dengan metode bina marga 1987 dan 2013: Studi kasus Jalan Blater, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember). Jurnal Smart Teknologi, 4 (6): 11. pp. 813-818. ISSN 2774-1702
2774-1702_4_6_2023-11.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (319kB) | Preview
Abstract
Secara umum penyebab kerusakan jalan yang terjadi didaerah Kabupaten Jember ada berbagai penyebab yakni umur rencana jalan yang telah dilewati, beban lalu lintas berulang yang berebihan (overloaded) yang menyebabkan umur pakai jalan lebih pendek dari perencanaan. Disisi lain, faktor ekonomi penting juga untuk mengetahui perkerasan lentur beserta pemeliharaannya, Dari hasil analisa dan pembahasan untuk hasil survey dan perhitungan volume lalu lintas perkerasan menurut Bina Marga 1987 didapatkan hasil D1 = 7,65 cm, D2 =20 cm, dan D3 = 20 cm, jenis struktur perkerasan menurut manual desain perkerasan jalan 1987 (Bina Marga 1987) dengan tebal = 47,65 cm. Untuk hasil survey dan perhitungan volme lalu lintas perkerasan Bina Marga 2013 didapatkan hasil HRS WC = 3 cm, HRS Base = 3,5 cm, LPA Kelas A = 15 cm, dan LPA Kelas B = 15 cm, untuk tebal perkerasan pada metode Bina Marga 2013 didapatkan 36, 50 cm. Selisih tebal perkerasan metode Bina Marga 1987 dan 2013 adalah 11, 15 cm. Untuk hasil dari analisa kelayakan finansial sendiri didapatkan hasil total Rp. 1.181.200,00.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkerasan lentur, Bina Marga 1987 dan 2013, RAB, Flexible pavements, Highways 1987 |
Subjects: | Civil Engineering > Highway Engineering Civil Engineering > Construction Equipment, Materials, & Supplies |
Depositing User: | Syifa Naufal Qisty |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 14:10 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 14:10 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/31664 |