Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT Mutiara Takalar

Ambo, Masse (2023) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT Mutiara Takalar. Journal of Administrative and Sosial Science, 3 (1): 2. pp. 9-29. ISSN 2828-6359

[thumbnail of 2828-6359_3_1_2022-2.pdf]
Preview
Text
2828-6359_3_1_2022-2.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan pasar tradisional berpotensi untuk menciptakan dan memperluas kesempatan kerja, terutama bagi tenaga kerja yang kurang memiliki keterampilan dan keahlian yang memadai untuk bekerja di sektor formal karena tingkat pendidikannya yang rendah, dan sebagai tempat berusaha, pedagang kecil memiliki banyak tempat strategis. nilai-nilai. baik dari segi ekonomi maupun sosial budaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan pasar di Kabupaten Gowa khususnya pasar rakyat Sungguminasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Henry Fayol dengan dimensi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengawasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang optimalnya pengawasan dan ketegasan petugas terhadap pemungutan retribusi pasar pada kios dan los, sarana dan prasarana yang kurang memadai, serta kondisi lahan pasar yang sempit mengakibatkan PKL tidak tertampung. Kurangnya tenaga penempatan yang tidak efektif menjadi faktor penghambat dalam proses sosialisasi kepada pedagang. Saran peneliti agar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gowa membenahi pasar secara efektif dan efisien serta meningkatkan optimalisasi pasar, perlu dilakukan langkah langkah peningkatan kualitas dan kuantitas SDM dan sumber daya pendukung lainnya, agar pedagang ditempatkan di tempat yang sesuai dan diharapkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gowa lebih memperhatikan fasilitas yang diberikan ada di sekitar pasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, Pengkoordinasian, Pengawasan
Subjects: Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Syifa Naufal Qisty
Date Deposited: 17 Feb 2025 03:33
Last Modified: 17 Feb 2025 03:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/30518

Actions (login required)

View Item
View Item