Determinasi faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan aplikasi ojek online

Achmad, Solechan and Muhamad, Sidik (2021) Determinasi faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan aplikasi ojek online. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 1 (3): 7. pp. 58-66. ISSN 2827-8364

[thumbnail of 2827-8364_1_3_2021-7.pdf]
Preview
Text
2827-8364_1_3_2021-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (798kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor apasaja yang mempengaruhi keputusan menggunakan aplikasi ojek online, dimana pada penelitian ini mengambil studi kasus pada Aplikasi Grabdi kota Semarang. Teknik dalam menentukan pengumpulan data pada riset ini menggunakan kuesioner yang dilakukan penyebaran kepada 100 orang (user) atau pengguna aplikasi ojek online Grab dengan obyek di kota Semarang. Cara pengumpulan responden menggunakan metode accidental sampling yaitu pengumpulan data kepada konsumen yang secara kebetulan menggunakan jasa Grab di Semarang. Dalam riset ini menggunakan teknik analisis data kuantitif menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan kajian dan pengolahan data statistik ditemukan bahwa harga berpengaruh positif terhadap keputusan pengguna aplikasi ojek online. Promosi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna aplikasi ojek online. Dan temuan lainnya diperoleh kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna aplikasi ojek online. Saran penelitian ini bahwa tariff Grab perlu diperhatikan agar tariffnya murah, sesuai dengan manfaat dan disesuaikan dengan tariff jasa ojek online yang lain. Indikator promosi yang perlu diperhatikan yaitu jangkauan informasi dan promosi perlu diperluas, bintang iklan menarik, Jasa ojek online mudah diingat dan kualitas pesan yang disampaikan serta pesan iklan mudah dipahami. Indikator kualitas pelayanan yang perlu diperhatikan antara lain: penampilan mitra Gojek tergolong rapi, Mitra Gojek bekerja sesuai jadwal kerja, tanggap dalam mendengar keluh kesah konsumen, mampu melayani konsumen dengan baik dan memberikan perhatian dan berkomunikasi dengan ramah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Harga, Promosi, Kualitas pelayanan, Keputusan penggunaan aplikasi ojek online, Motorcycle taxi drivers, Customer services--Quality control, Decision making, Mobile apps
Subjects: Computers, Control & Information Theory
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 29 May 2024 07:49
Last Modified: 29 May 2024 07:49
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28863

Actions (login required)

View Item
View Item