Analisis motivasi belajar siswa kelas IV terhadap pembelajaran matematika

Wan, Rolinda and Yulia, Engelina Napitupulu and Yulinda, Agita Putri and Jesi, Alexander Alim (2022) Analisis motivasi belajar siswa kelas IV terhadap pembelajaran matematika. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1 (4): 19. pp. 196-205. ISSN 2962-1135

[thumbnail of 2962-1135_1_4_2022-19.pdf]
Preview
Text
2962-1135_1_4_2022-19.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menyajikan hasil analisis motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas IV SDN 024 Tarai Bangun terhadap pembelajaran Matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah 15 pernyataan. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV.E yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Hasil analisis menunjukkan bahwa diperoleh rata-rata motivasi belajar matematika siswa sebesar 52,571. Median sebesar 52 mengandung arti bahwa 50% sampel memiliki motivasi belajar 52 ke atas dan 50% sampel memiliki motivasi belajar 52 ke bawah. Motivasi belajar yang paling sering muncul adalah 54 standar deviasi adalah 4,2464 dan varians adalah 18,032 menunjukkan tingkat keragaman data. Motivasi belajar tertinggi sebesar 60 dan motivasi terendah sebesar 41.

Item Type: Article
Additional Information: Analisis, Motivasi belajar, Matematika, Learning method, Motivation in education, Mathematics
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:14
Last Modified: 30 Apr 2024 04:14
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28214

Actions (login required)

View Item
View Item