Penerapan model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kemandirian belajar siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 01 Tayan Hulu

Anna, Kristina Keriahenta Barus and Marhadi, Saputro and Iwit, Prihatin (2023) Penerapan model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kemandirian belajar siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 01 Tayan Hulu. Student Scientific Creativity Journal, 1 (1): 10. pp. 141-151. ISSN 2985-3761

[thumbnail of 2985-3761_1_1_2023-10.pdf]
Preview
Text
2985-3761_1_1_2023-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemandirian belajar pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 01 Tayan Hulu. Adapun bentuk penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasy Experimental Designs), dengan rancangan Design Faktorial 2×3. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan siswa kelas VII B. Sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas yang dipilih secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik komunikasi langsung dan teknik pengukuran dengan alat pengumpul data berupa angket dan soal tes dalam bentuk essay. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dua jalan sel tak sama dengan uji normalitas menggunakan uji Lilifors,homogenitas menggunakan Uji Bartlett dan dilanjutkan uji komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe. Adapun hasil penelitian ini yaitu (1) komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran problem based learning lebih baik dari pada siswa yang mengikuti model pemebalajaran konvensional, (2) kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi lebih baik dari pada sedang setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning. (3)kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kategori kemandirian belajar sedang lebih baik dari pada siswa dengan kategori kemandirian belajar rendah setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning. (4) pada tingkat kemandirian belajar model pembelajaran problem based learning memberikan kemampuan komunikasi matematis yang lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem based learning, Kemampuan komunikasi matematis, Kemandirian belajar, Himpunan, Science, Independent study, Problem-based learning, Middle school students, Mathematics
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 19 Apr 2024 02:07
Last Modified: 19 Apr 2024 02:07
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28051

Actions (login required)

View Item
View Item