Syumneri, Syumneri and Syarifah, Fadillah and Reni, Astuti (2023) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media permainan undian untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi pola bilangan. Student Scientific Creativity Journal, 1 (1): 9. pp. 132-140. ISSN 2985-3761
2985-3761_1_1_2023-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning dengan media permainan undian dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk penelitian Pre-Eksperimental Designs. Adapun rancangan yang digunakan yaitu One Group Pretest Postest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B yang terdiri dari 20 siswa dengan pemilihan subjek berdasarkan teknik cluster random sampling. Adapun Teknik pengumpul data yang digunakan yaitu teknik pengukuran dengan alat pengumpul data berupa soal tes dalam bentuk essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava satu jalur sel tak sama, dengan uji lanjut menggunakan metode scheffe. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan melalui model pembelajaran problem based learning menggunakan media undian dengan kategori tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem based learning, Media permainan undian, Kemampuan pemecahan masalah, Science, Active learning, Problem-based learning, Middle school students, Mathematics |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 18 Apr 2024 04:11 |
Last Modified: | 18 Apr 2024 04:11 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/28050 |