Sri, Ramadhani and Siti, Rahmadhani Siregar (2022) Analisis faktor kesulitan belajar matematika pada siswa kelas V SD Swasta Pangeran Antasari tahun ajaran 2021/2022. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2 (2): 14. pp. 178-192. ISSN 2962-4452
2962-4452_2_2_2022-14.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Kesulitan yang sering dialami siswa yaitu kesulitan saat mengerjakan soal diagram karena kurang mampu memahami maksud soal dan kebingungan saat menentukan operasi hitung yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kesulitan belajar matematika pada siswa, untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas V SD Pangeran Antasari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V dan guru kelas V Sd Swasta Pangeran Antasari. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes soal, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah lebih banyak yang mengalami kesulitan belajar matematika dalam mengerjakan soal diagram garis, batang, dan gambar. Kesulitan belajar matematika menyelesaikan soal diagram yang terjadi di kelas V SD meliputi kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan, dan kesulitan memecahkan masalah. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yng berasal dari siswa meliputi IQ atau intelegensi, sikap siswa dalam belajar matematika, motifasi belajar siswa yang masih rendah, kesehatan tubuh yang tidak optimal dan kemampuan pengindraan siswa yang kurang. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar tubuh siswa antara lain kurangnya variasi mengajar guru, penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal, sarana prasarana disekolah, serta lingkungan keluarga.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor, Kesulitan belajar, Matematika, Learning disabilities, Graphic methods, Mathematics--Charts, diagrams, Arithmetic--Study and teaching (Primary), Arithmetic readiness, Learning method, Learning ability |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 01 Apr 2024 07:02 |
Last Modified: | 01 Apr 2024 07:50 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/27547 |